stereotip

Jurusan Ilmu Kedokteran adalah salah satu jurusan yang paling diminati. Sebagian besar masyarakat memiliki berbagai macam stereotip atau anggapan tentang jurusan yang satu ini.

Apa aja stereotip yang diberikan untuk mahasiswa jurusan ini? Ini dia 3 di antaranya:
  1. Orangnya pasti luar biasa pintar

Dengan keahlian diagnosa yang dimilikinya, seorang dokter dapat membantu memulihkan kesehatan atau kesembuhan orang lain. Karena itu, banyak yang menganggap kalau mahasiswa Kedokteran itu pasti tahu segala hal yang berada di dalam ranah keahliannya.

Padahal, nggak semuanya seperti itu. Kalau mahasiswanya malas, tentu dia nggak akan seberhasil atau sesukses yang lainnya. Tergantung mahasiswa tersebut rajin atau nggak. Semua kembali ke individu masing-masing.

stereotip

  1. Berduit alias orang kaya

Biaya kuliahnya yang mahal, dan penampilan mahasiswa-mahasiswanya yang rapi sering membuat mahasiswa Kedokteran dianggap sebagai orang-orang yang berduit alias orang kaya. Hal tersebut nggak sepenuhnya benar, karena sebenarnya ada beberapa skema pembiayaan, misalnya beasiswa, yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa Kedokteran.

  1. Gajinya nanti tinggi

Salah satu anggapan lainnya yang sering muncul tentang mahasiswa Kedokteran adalah tentang bagaimana mereka saat lulus nanti. Seperti misalnya, dalam soal penghasilan, yang biasanya dianggap besar. Sebenarnya, hal tersebut belum tentu benar. Jenjang karier seorang dokter nggak berhenti setelah koas selesai, tapi masih ada beberapa jenjang lainnya. Misalnya, mengambil gelar spesialis di bidang tertentu.

Penghasilan yang didapat terbilang biasa aja kalau seorang dokter nggak mengambil spesialisasi. Kalau udah menjadi spesialis dan yang lainnya, baru anggapan tersebut bisa dianggap benar.

Itulah 3 stereotip yang biasanya dilontarkan untuk mahasiswa jurusan Ilmu Kedokteran. Buat kamu yang mahasiswa Kedokteran, apakah kamu pernah menerima stereotip tersebut? Atau malah sering? Share pengalaman kamu di kolom komentar, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *