pilihan usaha

Lulus kuliah, kamu punya banyak pilihan. Mau lanjut S2, langsung mencari kerja, atau membuka usaha sendiri? Buat yang mau cari kerja, persaingan sekarang semakin keras, lho. Bukan kamu aja yang punya IPK tinggi dan segudang prestasi (serta mungkin juga pengalaman magang atau kerja sambilan). Banyak yang punya kemampuan lebih, yang membuat mereka lebih cepat di-hire duluan.

Jangan putus asa. Kenapa nggak mulai membuka usaha sendiri aja? Ada banyak pilihan usaha yang bisa kamu pilih setelah kamu lulus kuliah nanti. Daripada kelamaan merenung dan menyesali nasib, lebih baik gercep dengan cara ini: buka usaha sendiri. Nggak perlu yang modalnya terlalu besar, bisnis kecil-kecilan saja dulu. Selama rajin ditekuni, bisnismu bisa berkembang dan sukses mendapatkan banyak penghasilan.

Beberapa contoh pilihan usaha di bawah ini mungkin bisa kamu coba:

1. Jadi reseller

pilihan usaha

Jadi reseller bisa jadi pilihan usaha yang cukup mudah untuk kamu. Dua senjata andalan seorang reseller adalah koneksi internet dan gadget. Setelah itu, tinggal memasarkan produk milik pebisnis lain melalui toko online atau beberapa layanan situs online sekaligus. Hal ini dapat meningkatkan exposure barang tersebut.

Paling aman memilih bekerjasama dengan produk yang udah lama terkenal. Misalnya, berjualan produk makanan ringan yang disukai banyak orang. Namun, kalau mau dengan produk baru, pastikan produk itu punya potensi bagus dan pangsa pasar yang baik. Produsennya juga harus punya reputasi baik, agar bisnis berjalan lancar.

2. Jadi freelancer

pilihan usaha

Meskipun waktu bekerja dapat diatur sendiri, nggak berarti jadi freelancer itu bisa sesuka hati. Ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan dan reputasi itu penting, karena dapat menjadi penentu jumlah klien yang akan kamu dapatkan dan bisa kamu pertahankan. Klien yang puas dengan hasil karyamu akan bercerita kepada orang lain, begitu pula dengan yang tidak. Contoh pekerjaan freelance, penulis, penerjemah, dan programmer.

3. Jadi guru les privat

pilihan usaha

Kemampuan akademikmu tinggi? Jadi guru les privat aja. Kamu bisa mengawalinya dengan mengajar anak-anak yang kamu kenal, seperti sepupu-sepupu yang masih sekolah atau anak tetangga. Kalau belum punya modal untuk membuka jasa les privat resmi, pasang aja iklan untuk jasamu, lalu mulai menabung dari hasil mengajar privat.

4. Membuka usaha handicraft

pilihan usaha

Merasa punya selera seni yang tinggi dan senang mendesain atau bikin kerajinan tangan? Cobalah membuka usaha handicraft. Dalam menjalankan pilihan usaha yang satu ini, pilihlah produk-produk yang pangsa pasarnya luas agar usaha handicraft kamu cepat berkembang. Misalnya, usaha suvenir dari kayu dengan motif etnik, baik berupa gantungan kunci maupun peralatan tulis.

5. Jadi tour guide

pilihan usaha

Kalau sewaktu masih kuliah kamu hanya bisa melakukan kegiatan ini saat liburan, begitu lulus kamu bisa fulltime. Selain bisa berbahasa asing (dan nggak cuma bahasa Inggris), kamu juga harus mengenal seluk-beluk tujuan wisata saat menjadi tour guide. Tapi, risikonya adalah mengorbankan hari liburmu, atau jatah hari liburmu jadi terbalik‘. Saat musim liburan, kamu harus bekerja karena harus jadi guide buat wisatawan. Saat semua orang udah kembali bekerja, bisa jadi kamu baru bisa liburan.

6. Jadi penerjemah lepas

pilihan usaha

Pekerjaan ini cocok buat kamu yang jago berbahasa asing dan nggak cuma Inggris. Arus globalisasi makin deras, tapi kurang sejalan dengan kemampuan SDM yang sulit untuk beradaptasi, terutama dalam hal berkomunikasi. Profesi penerjemah akan selalu punya pasar, selama kamu terus mengasah skill bahasa asing (dan nggak cuma bahasa Inggris) serta nggak malas mencari orderan. Bergabung dengan komunitas seperti HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia) dapat memberimu lebih banyak akses ke informasi seputar workshop, training, hingga pekerjeaan untuk para penerjemah.

Banyak sekali pilihan usaha buat fresh graduate untuk mencoba. Kalau sebentar lagi kamu akan lulus dan mendapatkan pengalaman kerja di dunia startup, cobalah melamar juga di CICIL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *