kegiatan alternatif

Biasanya pas liburan, ada mahasiswa yang pulang ke rumah atau pergi berwisata untuk refreshing. Tapi ada juga yang memilih untuk tetap di kosan, kemudian banyak tidur atau main game terus.

Sebenarnya ada banyak kegiatan alternatif yang dapat kamu lakukan lho untuk mengisi liburan supaya lebih berkesan. Berikut 5 di antaranya:

1. Mencoba buka bisnis atau jasa

kegiatan alternatif

Kamu bisa mencoba melakukan bisnis dan jasa apa aja yang sesuai dengan keahlian yang kamu miliki, asalkan nggak memerlukan modal awal yang banyak dan dapat dilakukan saat liburan. Misalnya bisnis jual makanan, atau jasa fotografi.

Tujuan bisnis dan jasa ini bukan langsung untuk mencari keuntungan, tapi lebih kepada mengasah naluri bisnis dan membina jaringan. Supaya pas lulus nanti, mental bisnismu udah siap.

2. Ikutan kursus atau training untuk mengasah skill kamu

kegiatan alternatif

Untuk mengisi liburan semester, kamu bisa mengikuti kursus atau training untuk mengasah skill tertentu. Kamu bisa memilih kursus yang dapat meningkatkan kemampuan skill-mu yang paling signifikan dan dapat membantu mewujudkan cita-citamu. Bisa tentang desain grafis, public speaking, persiapan TOEFL, dan sebagainya.

Nggak harus ikut kursus dimana kamu harus hadir secara fisik untuk mengikutinya, kamu juga bisa mengikuti kursus online yang waktunya lebih fleksibel kok. Pilih juga jenis kursus yang biayanya terjangkau bagi kamu ya.

 

3. Traveling sebagai backpacker

kegiatan alternatif

Sebagai backpacker bisa diartikan perjalanan liburanmu tanpa menggunakan jasa agen perjalanan atau angkutan travel. Semuanya harus kamu urus sendiri, mulai dari urusan transportasi, penginapan, dan makan selama dalam perjalanan maupun di tempat tujuan.

Traveling sebagai backpacker bisa jadi kegiatan alternatif menarik untuk mengisi liburanmu. Tapi, kamu tetap perlu memperhitungkan matang-matang sebelum berangkat. Mulai dari tujuan traveling, rute perjalanan, kondisi keamanan dan sosial budaya setempat, agar terhindar dari hal-hal yang nggak diinginkan.

4. Magang di suatu perusahaan

kegiatan alternatif

Dengan magang, kamu bisa cari pengalaman nyata di dunia kerja sambil menyerap ilmu-ilmu yang biasanya nggak kamu dapatkan di kuliah. Kamu bisa menyerap segala ilmu dan pengalaman yang kamu temukan di perusahaan tempatmu magang. Jangan ragu juga untuk meminta petunjuk dan bertanya dengan pegawai-pegawai di perusahaan tersebut.

Catat, potret, dan rekam kegiatan-kegiatan tertentu bila perlu, supaya kamu bisa mengulang dan menyegarkan kembali pelajaran yang telah didapatkan selama magang.

5. Jadi asisten proyek penelitian dosen

kegiatan alternatif

Menjadi asisten dosen pada proyek penelitiannya termasuk kesempatan yang langka dan cuma sedikit mahasiswa yang mendapatkan kesempatan tersebut. Dosen yang melakukan penelitian biasanya butuh assisten untuk membantu memberikan perlakuan pada objek penelitian, mencatat data, bahkan sampai membantu menghitung dan menganalisa data yang dikumpulkan.

Dengan jadi asisten penelitian dosen kamu akan mendapat beberapa manfaat. Pertama, kamu bisa mendapatkan pengalaman melakukan penelitian yang nyata langsung didampingi dosen. Kedua, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk meneliti satu bab bahasan dari penelitian dosen tersebut, yang kemudian dapat kamu gunakan sebagai judul atau bahan skripsi kamu. Ketiga, biasanya dosen menyediakan anggaran transportasi dan konsumsi, bahkan intensif sebagai ucapan terima kasih.

 

Itu dia 5 kegiatan alternatif yang dapat kamu lakukan supaya libur semestermu lebih berkesan. Kira-kira yang mana yang menarik minatmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *