kena air hujan

Banyak yang berpendapat kalau air hujan bisa membuat sakit, mulai dari masuk angin, flu, atau diare. Wajar sih berpendapat seperti itu, karena nggak sedikit orang yang jatuh sakit setelah kehujanan.

Tapi, apa benar kena air hujan membuat kita rentan sakit?

Saat kedinginan, tubuh dipaksa untuk mengeluarkan energi secara berlebihan. Kalau daya tahan tubuh sedang lemah, tubuh nggak bisa mengimbangi adanya perubahan suhu tubuh yang terjadi secara drastis. Hal ini berakibat pada semakin menurunnya daya tahan tubuh dan kesehatan pun terganggu. Jadi, kalau daya tahan tubuh kamu dalam kondisi baik, kamu nggak akan sakit walaupun kehujanan.

Terus, kenapa orang sering sakit saat kena air hujan? Inilah alasannya:

Suhu tubuh rendah

Saat kehujanan, temperatur suhu tubuh akan menurun. Apalagi kalau pakaian kamu basah, kamu bisa kena hipotermia karena kondisi badan yang kehilangan terlalu banyak suhu panas. Hipotermia memberikan tekanan pada tubuh termasuk sistem imun, yang memudahkan virus menyerang kamu. Hujan memang bisa memperburuk sistem kekebalan tubuh, tapi dalam hal ini bukan penyebab langsung kamu sakit.

Satu ruangan dengan orang yang terinfeksi virus

Virus flu biasanya berkembang biak lebih aktif saat cuaca dingin atau hujan. Nah, kalau sedang di dalam ruangan yang dipenuhi banyak atau beberapa orang yang terkena flu, kamu dapat ikut terinfeksi. Saat orang yang terkena flu tersebut bersin, secara nggak sadar kamu menghirup udara yang terkontaminasi oleh virus dari bersin tersebut.

kena air hujan

Nah, gimana cara agar nggak mudah sakit saat musim hujan?
  1. Pakai baju hangat

Kalau kehujanan, segera ganti pakaian basah kamu dengan pakaian yang hangat dan kering. Hindari pakaian yang ketat, celana jeans, atau kaos. Kenapa? Karena jamur membutuhkan panas dan lembab untuk tumbuh, nah pakaian yang ketat memberikan mereka celah untuk berhabitat.

  1. Hindari diri dari air kotor

Di musim hujan, banyak selokan yang tersumbat dan airnya menggenangi jalan. Kondisi tersebut jadi tempat para bakteri dan virus untuk bersarang. Tutupi diri kamu dengan jas hujan dari atas kepala sampai kaki. Kalau perlu pakailah sepatu boots, supaya kak kamu nggak terkena bakteri atau virus berbahaya yang bersarang di air kotor.

  1. Makan makanan bersih

Banyak yang terserang penyakit karena makan makanan pinggir jalan. Nggak ada yang bisa menjamin kebersihan makanan yang dijual di pinggir jalan, karena itu hindarilah makanan pinggir jalan. Mending kamu makan makanan rumah yang udah terjamin kebersihannya.

  1. Sering cuci tangan

Tanpa kamu sadari, tanganmu menyentuh seribu benda dalam sehari. Mungkin aja kamu terinfeksi virus berbahaya saat memegang gagang pintu, berjabat tangan, dan sebagainya. Karena itu, sering-seringlah mencuci tangan kamu dengan air hangat dan sabun setelah menyentuh benda-benda tertentu.

  1. Gunakan masker

Gunakanlah masker untuk menutupi hidung dan mulut pada saat kamu bepergian, ataupun saat kamu di dalam ruangan. Hal ini untuk meminimalisir kamu terinfeksi virus.

Itulah kebenaran tentang penyakit karena kena air hujan. Jaga kondisi tubuh kamu dengan baik ya di musim hujan ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *