setelah lulus kuliah

Para mahasiswa tingkat akhir mungkin sering mendengar pertanyaan “mau cari kerja atau lanjut sekolah S2 dulu?”. Padahal, setelah lulus kuliah ada banyak kesempatan dan kegiatan lain yang bisa kamu lakukan selain melanjutkan studi atau mencari kerja.

Masa-masa “lowong” kamu setelah lulus kuliah nanti bisa kamu isi dengan kegiatan positif yang bisa jadi nilai plus saat melamar kerja nanti.

Apa aja tuh kegiatannya? Inilah hal lainnya yang bisa kamu lakukan setelah lulus kuliah:
  1. Kursus bahasa asing

setelah lulus kuliah

Dengan belajar bahasa asing, kamu bisa meningkatkan dan memperkaya skill yang kamu miliki. Selain bahasa Inggris, cobalah untuk menguasai bahasa asing lainnya, lumayan lho untuk nilai plus. Kalau kamu ingin bekerja atau melanjutkan studi di luar negeri, tentu salah satu syaratnya adalah kamu perlu menguasai bahasa setempat.

  1. Magang

setelah lulus kuliah

Dunia kerja itu berbeda dunia kuliah. Nah, sebelum memasuki dunia kerja, kamu bisa melakukan “pemanasan” dengan mencoba magang terlebih dulu. Dengan magang, kamu jadi memiliki pengalaman bekerja meskipun belum jadi karyawan.

Mungkin aja kamu akan diberikan tawaran posisi kerja di perusahaan tersebut kalau kamu sukses magangnya. Kalaupun nggak ditawarkan, kamu udah dapat pengalaman magang yang akan memberi nilai plus untuk CV kamu.

  1. Volunteer

setelah lulus kuliah

Dengan mengikuti kegiatan volunteer, kamu jadi bisa belajar banyak hal. Salah satu hal yang bisa kamu pelajari adalah etos kerja dan semangat berkontribusi. Ikutan kegiatan volunteer seperti Indonesia Mengajar, Kelas Inspirasi, dan lainnya akan bermanfaat banget buat orang lain, dan hal ini nggak bisa diukur dengan materi karena kamu berkontribusi tanpa berharap imbalan apapun.

  1. Liburan

setelah lulus kuliah

Memang sih liburan nggak akan berdampak apapun terhadap CV kamu. Tapi, setelah dapat kerja atau menempuh S2, belum tentu kamu akan dapat kesempatan untuk liburan. Kenapa? Karena kamu akan disibukkan dengan tanggung jawabmu terhadap pekerjaan, atau sibuk dengan kegiatan kuliah, penelitian, proyek, dan lain sebagainya.

Liburan juga bisa jadi cara untuk melepas stres setelah berjuang mencapai kelulusan S1. Kamu perlu menyegarkan otak dan badan sejenak sebelum kembali menghadapi hal-hal besar yang menantimu nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *