lulusan perguruan tinggi

Pendidikan memang jadi salah satu pilar yang penting dalam menunjang kehidupan seseorang. Termasuk pendidikan di perguruan tinggi, sekolah kejuruan, maupun lembaga pelatihan lain baik negeri maupun swasta. Hampir semua negara pasti menganggap menempuh pendidikan tinggi adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebih baik.

Inilah 10 negara dengan lulusan perguruan tinggi terbanyak di tahun 2018:
  1. Rusia

Rusia saat ini memiliki sekitar 900 universitas, 366 di antaranya swasta, dan 530 negeri. Salah satu universitas terbaik di Rusia, yaitu Universitas Negeri Moskow, memiliki sekitar 8.000 tenaga pengajar dengan lebih dari 40.000 mahasiswa. Dari angka ini maka wajar kalau Rusia menempati urutan pertama negara dengan persentase lulusan perguruan tinggi di tahun 2018.

  1. Australia

Australia memiliki 41 universitas, yang 37 di antaranya adalah universitas negeri. Dalam soal biaya, Australia menjadi salah satu negara dengan biaya kuliah termahal untuk siswa internasional, yaitu sekitar USD 38.000 per tahun.

  1. Selandia Baru

Empat dari lima warga Selandia Baru menempuh pendidikan tinggi. Semua golongan usia, terutama usia 15 hingga 65 tahun ke atas telah menempuh pendidikan tersier. Universitas di Selandia Baru sering disebut berada di peringkat 3% teratas di seluruh dunia.

  1. Jepang

Sekitar 70% lulusan sekolah menengah atas di Jepang melanjutkan ke pendidikan tinggi. 12 dari 69 universitas di negeri matahari terbit ini menduduki peringkat teratas 100 universitas terbaik di Asia.

  1. Denmark

Kualitas pendidikan tinggi serta persentase orang dengan pendidikan tinggi yang dimilikinya membuat Denmark menjadi salah satu negara dengan persentase lulusan perguruan tinggi tertinggi di tahun 2018. Sistem pendidikannya pun menempati urutan ke-3 terbaik di dunia.

lulusan perguruan tinggi

  1. Turki

Turki memiliki 104 universitas negeri dan 62 universitas swasta. Perguruan tinggi swasta di Turki telah berjalan sejak tahun 1984, dimana sekitar 40% mahasiswanya dibiayai dengan beasiswa.

  1. Spanyol

Spanyol memiliki 76 universitas yang sebagian besar adalah universitas negeri. 40,9% populasi di Spanyol dengan rentang usia 30-34 tahun memiliki pendidikan tersier, dengan persentase perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki. Sekitar 8,4% siswa di universitas Spanyol adalah mahasiswa asing.

  1. Slovenia

Warga negara Slovenia itu sangat peduli dengan pendidikan. Karena itu, Slovenia memiliki persentase lulusan perguruan tinggi yang besar. Negara ini memiliki 3 universitas negeri utama, yaitu Universitas Ljubljana, Universitas Maribor, dan Universitas Primorska. Sedangkan universitas swasta terbaiknya adalah Universitas Nova Gorica.

  1. Amerika Serikat

Amerika Serikat menempati peringkat atas sebagai salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik. Beberapa universitas top dunia seperti Universitas Harvard, Universitas Stanford, MIT, dan Universitas Yale berada di negara ini.

  1. Lituania

54% tingkat kelulusan dalam pendidikan tinggi di Lituania membuat negara ini termasuk dalam 10 besar. Dengan populasinya yang hanya sekitar 2,86 juta, jumlah siswa yang terdaftar di perguruan tinggi mencapai angka hingga 66%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *