rahasia sukses

Dengan segudang kebutuhan kuliah dan uang saku yang seadanya, kadang yang namanya mahasiwa pasti merasa kesulitan dalam mengatur keuangannya. Nggak sedikit yang keuangannya udah menipis sebelum akhir bulan tiba.

Mengatur keuangan adalah harga mati buat para mahasiswa. Jangan sampai studimu terpengaruhi karena masalah keuangan. Mending, kamu belajar untuk bertanggung jawab pada kebutuhan diri sendiri.

Ikutilah 6 rahasia sukses mengatur keuangan berikut ini:

1. Tentukan tujuan keuangan

rahasia sukses

Tiap orang punya financial goals yang berbeda-beda. Dengan adanya financial goals, kamu jadi tahu apa yang harus kamu lakukan selanjutnya. Kalau kamu masih kesulitan dalam menentukan financial goals, kamu bisa memulainya dengan menyusun tujuan keuanganmu.

Kamu bisa menentukan tujuan keuanganmu dalam jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Mungkin awalnya sulit, jadi kamu bisa coba jabarkan satu-satu agar nantinya jadi lebih mudah. Dari situ financial goals-mu akan ditemukan.

2. Susun rencana keuangan

rahasia sukses

Kalau kamu punya banyak tujuan keuangan dan bingung untuk memulai dari mana, kamu bisa mengatasinya dengan membuat prioritas pada masing-masing tujuan keuanganmu. Buat secara berurutan, mana yang harus direalisasikan terlebih dulu. Jangan lupa perhatikan berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk mewujudkannya.

3. Catat pemasukan dan pengeluaran

rahasia sukses

Dari catatan pemasukan dan pengeluaran yang telah kamu buat, kamu jadi lebih tahu kekuatan keuanganmu. Tiap bulannya, perhatikan setiap barang yang dibeli. Kalau ternyata nggak diperlukan, jangan diulangi lagi pada bulan berikutnya.

Dari situ kamu bisa menganalisis dan menyeleksi kebutuhan mana yang penting, dan mana yang bukan. Fungsinya adalah agar kamu jadi lebih efisien dalam menggunakan pemasukan kamu.

4. Punya anggaran keuangan yang jelas

rahasia sukses

Waktu terbaik untuk menyusun anggaran keuangan adalah di awal bulan. Kenapa? Karena nantinya kamu bisa menggunakan penghasilanmu dengan lebih bijak kalau udah ada anggaran keuangan yang jelas. Selain itu, kamu juga perlu mencatat semua pengeluaranmu secara mendetail, kira-kira dalam sebulan uangmu habis untuk apa aja.

Kamu juga harus pintar mengatur pemasukan dan pengeluaran. Bedakan mana yang kebutuhan, dan mana yang hanya sekadar keinginan.

 

5. Bijak dalam memakai uang

rahasia sukses

Kamu harus belajar hemat dalam menggunakan uang tiap harinya. Hal ini bisa dilakukan dengan mengurangi frekuensi kegiatan-kegiatan yang kurang penting, seperti nongkrong atau jalan-jalan ke mall. Nongkrong sesekali nggak apa-apa, tapi sebaiknya pilih tempat nongkrong yang harganya sesuai dengan kantongmu. Perlu beli buku? Bisa kamu atasi dengan pinjam di perpustakaan, atau pinjam ke senior.

Ikuti 5 rahasia sukses di atas kalau kamu mau jadi mandiri secara finansial. Tugas utama seorang mahasiswa tentu untuk menyelesaikan studinya. Tapi, kamu juga harus imbangi dengan keahlian dalam mengatur keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *