menghasilkan uang

Masa-masa liburan adalah masa dimana para mahasiswa terbebas dari beban pikiran tentang kuliah dan bisa bersantai menjalani hidup. Tapi, biasanya rasa senang ini juga diiringi dengan dompet yang makin menipis, karena selama liburan biasanya nggak dapat uang jajan dan belum adanya penghasilan sendiri.

Sekalinya banyak waktu luang, malah nggak ada uang. Nggak usah sedih, kamu tetap bisa menghasilkan uang kok walaupun lagi liburan.

Gimana caranya? Inilah cara menghasilkan uang saat liburan:
  1. Jadi penulis lepas

menghasilkan uang

Jadi pekerja lepas atau freelance memang jadi salah satu favorit orang-orang. Buat kamu yang hobi menulis, kamu bisa memanfaatkan waktu liburan ini untuk mendapatkan penghasilan sendiri. Sekarang ini ada banyak lho perusahaan yang membutuhkan tulisan-tulisan berkualitas untuk dipublikasikan melalui website mereka.

Karena nggak terikat, kamu bisa mengerjakan pekerjaanmu kapan aja. Makin sering menulis, maka makin banyak penghasilan. Kamu juga nggak perlu khawatir kehabisan waktu untuk bersenang-senang.

  1. Jadi fotografer lepas

menghasilkan uang

Punya kamera? Hobi fotografi? Bisa mengedit foto? Manfaatkan semua hal itu untuk menghasilkan uang. Kamu bisa coba bekerja sebagai fotografer untuk berbagai acara, seperti acara ulang tahun, acara kantor, atau pertemuan antar perusahaan. Selain menjalankan hobi, lumayan kan untuk menambah portfolio dan koneksi kamu.

  1. Jadi desainer lepas

menghasilkan uang

Kalau kamu jago desain atau memiliki selera desain yang oke, manfaatkan bakatmu itu untuk mendapatkan uang. Kamu cukup mendaftarkan diri ke situs desain dan tuangkan kreativitasmu dalam karyamu. Selain menambah uang jajan, kamu juga jadi bisa mengembangkan skill-mu lagi.

  1. Jadi anggota EO lepas

menghasilkan uang

Sekarang ini ada banyak event organizer (EO). Kadang ada yang membutuhkan anggota tambahan agar suatu acara bisa berjalan dengan baik. Nah, kamu bisa coba untuk ikut bergabung menjadi anggotanya. Dengan menjadi anggota EO lepas, kamu bisa menghasilkan uang, sekaligus menambah koneksi dan mengenal banyak orang.

  1. Jadi guru les privat

menghasilkan uang

Sebelum melakukan pekerjaan ini, tentunya kamu harus menguasai bidang yang akan kamu ajarkan terlebih dahulu. Buat kamu yang hobi mengajar dan berbagi ilmu, jadi guru privat itu bisa jadi seru banget lho. Selain dapat uang, kamu juga dapat pahala. Karena membantu orang supaya makin pintar itu juga termasuk perbuatan mulia lho.

  1. Jadi pemandu tour untuk turis

menghasilkan uang

Saat turis asing datang untuk berlibur, biasanya ada yang merasa kesulitan dalam mengetahui tempat-tempat wisata. Manfaatkanlah hal tersebut untuk jadi pemandu mereka. Kamu dapat banyak keuntungan lho, selain jalan-jalan gratis bahkan dibayar, kamu juga bisa menambah pertemanan dan juga melatih pemakaian bahasa asingmu.

  1. Jadi barista di kafe

menghasilkan uang

Daripada nongkrong di kafe yang nggak menghasilkan uang, mending kamu coba jadi barista di kafe itu aja. Bekerja jadi barista itu nggak mengambil waktu sehari penuh kok, biasanya sistem kerjanya dibagi per shift. Jadi, kamu masih ada waktu luang untuk bersantai bersama teman dan keluargamu. Bukan cuma jadi bisa menikmati suasana kafe sepuasnya, menikmati kopi favorit, kamu juga dapat uang. Enak banget, kan?

Musim liburan bukan berarti kamu bermalas-malasan aja, justru harus kamu manfaatkan untuk melakukan kegiatan yang produktif. Produktif di sini bukan berarti kamu harus bekerja keras dan nggak bisa santai, maksudnya kamu bisa mencoba hal-hal baru yang nggak bisa kamu lakukan saat musim kuliah.

Lebih enak lagi kalau kegiatan produktif yang dilakukan bisa menghasilkan uang, kamu dapat keuntungan double deh! Pilih aja dari 7 hal di atas untuk menghasilkan uang sendiri saat musim liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *