dana darurat

Jadi mahasiswa itu pasti kamu bakal dituntut untuk jadi mandiri dalam melakukan segala hal. Salah satunya yang penting adalah tanggung jawab untuk menyelesaikan studinya. Selain studi, kamu juga harus bisa bertanggung jawab atas keuangan kamu.

Meski banyak yang keuangannya masih dibantu oleh orangtuanya, tapi tentu kamu harus bisa mengelola penggunaan keuangan kamu sendiri selama masa kuliah. Salah satu poin penting dalam mengelola keuangan adalah dana darurat.

Sebenarnya, untuk mahasiswa, memiliki dana khusus keadaan yang darurat itu penting atau nggak sih? Yuk, simak di sini:

dana darurat

1. Semua orang membutuhkan dana darurat, nggak terkecuali murid sekolah. Kenapa? Karena dana tersebut bisa digunakan untuk hal-hal yang bersifat mendadak. Sebagai mahasiswa yang punya banyak kebutuhan, mulai dari gadget pendukung tugas kuliah kamu, kebutuhan membeli obat, beli buku, sampai servis motor atau mobil, udah pasti dana darurat itu penting buat kamu.

2. Dana darurat dibutuhkan agar nggak terjadi masalah keuangan saat hal-hal yang nggak diduga terjadi. Ada banyak hal yang mungkin nggak bisa kamu prediksi sebelumnya, seperti sakit atau kecelakaan. Bukan cuma diri kamu sendiri, tapi anggota keluargamu juga bisa mengalami kejadian yang nggak diduga. Karena itu, dana darurat bisa jadi pertolongan pertama saat kejadian tersebut datang.

3. Dana darurat bisa jadi salah satu bukti bahwa kamu sebagai mahasiswa udah dapat mengelola keuanganmu sendiri dengan baik. Untuk memilikinya, kamu harus bisa mengelola keuanganmu dan memiliki tabungan.

dana darurat

Menabung bagi seorang mahasiswa itu mungkin sulit, karena pengaruh gaya hidup bersama teman-teman, atau karena minimnya dana dari orangtua yang pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan. Tapi, hal tersebut bukan berarti mustahil untuk memiliki biaya khusus keadaan urgent.

Kalau kamu merasa sulit mengelola keuangan kamu, kamu bisa menggunakan aplikasi yang akan membantu mengelolanya kok. Beberapa aplikasi tersebut dapat kamu lihat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *