perencanaan keuangan

Masih banyak mahasiswa bahkan masyarakat umum yang mengabaikan pentingnya perencanaan keuangan dalam hidup. Banyak yang pendapatannya cuma ‘numpang lewat’ aja di rekening. Pastinya kamu nggak mau kan hal ini terjadi terus-terusan?

Saat menghasilkan uang atau memperoleh pendapatan, memang sebaiknya kita harus paham ke mana aja setiap uang tersebut ditempatkan. Apakah untuk membayar tagihan, kebutuhan sehari-hari, atau untuk kebutuhan yang nggak begitu penting. Apapun tujuan penempatan uang yang kamu punya, harus disesuaikan dalam perencanaan keuangan supaya tujuan keuangan yang kamu punya dapat tercapai dengan baik.

Simak alasan pentingnya memiliki perencanaan keuangan berikut:

1. Membantu agar lepas dari krisis

perencanaan keuangan

Pentingnya perencanaan keuangan perlu diperhatikan oleh segala kalangan, nggak cuma untuk orang yang udah bekerja, tapi untuk kalangan mahasiswa juga. Hal ini supaya kamu punya kepastian akan masa depan dan punya kondisi keuangan yang tahan akan krisis.

Kalau pengelolaan keuangan udah baik sejak awal, tentunya kamu punya kesempatan yang besar untuk mengamankan keuangan di masa depan. Dengan perencanaan keuangan yang ‘apik’, kamu dapat mengantisipasi kendala dan hambatan yang mungkin terjadi sejak awal.

2. Membantu mencapai tujuan keuangan

perencanaan keuangan

Tiap orang harus memiliki tujuan keuangan dalam hidupnya, baik untuk jangka pendek atau jangka panjang. Tujuan keuangan dapat menjadi motivasi kamu untuk memiliki kondisi keuangan yang ‘sehat’.

Kalau rencana keuangan yang dibuat bisa berjalan dengan baik dan efektif, otomatis tujuan keuangan kamu juga akan tercapai sesuai yang diharapkan. Misalnya kamu ingin membeli laptop untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah kamu. Kalau kamu bisa mengatur keuangan kamu dengan baik, maka kamu bisa memperoleh laptop tersebut dalam waktu yang sesuai dengan harapanmu.

3. Lakukan evaluasi secara rutin

perencanaan keuangan

Untuk mengatasi hambatan yang terjadi dalam perencanaan keuangan, ada baiknya kamu melakukan evaluasi secara rutin. Dengan begitu kamu dapat mengontrol keuangan kamu dengan ketat, di mana kamu bisa mengenali setiap masalah yang muncul dan mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut dengan segera.

Kemampuan dalam mengelola keuangan akan mempengaruhi kualitas kehidupan kamu. Karena itu perencanaan keuangan juga penting untuk membantu kamu mengamankan keuangan pada masa yang akan datang.

Yuk, mulai belajar mengatur perencanaan keuangan kamu, supaya kebutuhan penunjang kuliah kamu bisa tercapai dengan baik. CICIL juga siap membantu kamu untuk memperoleh produk-produk kebutuhan kuliah kamu lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *