perlu bekerja

Mungkin beberapa dari kamu pernah atau sering mempertanyakan “Apakah saya perlu bekerja?”. Jawabannya, tentu aja perlu. Kamu tentu membutuhkan uang jajan, uang untuk beli gadget, untuk beli kebutuhan sehari-hari, untuk beli kuota dan lain sebagainya.

Ada beberapa alasan penting seorang mahasiswa perlu bekerja, yaitu:
  1. Bekerja untuk mengumpulkan uang sekolah lanjutan

Sekarang ini ada jumlah mahasiswa lulusan S1 di Indonesia makin bertambah. Padahal, lapangan pekerjaan cenderung tetap atau nggak bertambah secara signifikan. Hal ini berujung pada kompetisi yang kuat antara kamu dan lulusan S1 lainnya.

Nah, untuk meningkatkan daya saing, kamu dapat meneruskan pendidikan S2 atau mengambil pendidikan profesi. Nah, kalau kamu rajin bekerja, kamu bisa membiayai biaya pendidikan S2 atau profesi kamu sendiri.

  1. Bekerja untuk belajar, bukan cuma untuk dapat uang aja

Karena masih berusia muda, sebaiknya fokus yang perlu kamu ambil dalam bekerja adalah untuk belajar, bukan untuk mendapatkan uang. Pebisnis dan karyawan terus belajar dari setiap kesalahan yang mereka perbuat. Semakin mereka banyak kesalahan dan semakin cepat melakukan kesalahan, maka mereka akan semakin banyak belajar dan berpengalaman.

perlu bekerja

  1. Modal untuk buka usaha

Masalah yang dihadapai para calon pebisnis biasanya adalah permasalahan modal. Nah, kalau kamu ingin menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur, maka kamu perlu bekerja untuk mengumpulkan modal. Kamu bisa mencuri start dengan mulai bekerja saat masih kuliah.

  1. Menambah pengalaman kerja untuk mempercantik CV

Bekerja saat masih kuliah bisa jadi nilai tambah kamu saat melamar pekerjaan. Biasanya perusahaan-perusahaan lebih suka dengan orang yang memiliki pengalaman kerja dibandingkan fresh graduate yang belum pernah bekerja. Nah, cobalah untuk memulai magang di suatu perusahaan. Lebih menguntungkan lagi kalau kamu dibayar, tapi kalau pun nggak dibayar kamu tetap mendapatkan pengalaman yang bisa dijadikan bekal untuk masa depan.

  1. Menabung untuk beli rumah di usia muda

Uang penghasilan yang kamu dapatkan saat bekerja selama jadi mahasiswa bisa digunakan untuk kebutuhan yang penting di masa depan. Salah satunya untuk membayar DP rumah. Di zaman dulu seseorang membutuhkan waktu 5 tahun untuk membeli rumah, nah di zaman sekarang yang penuh dengan berbagai kemudahan, kamu yang masih kuliah pun udah bisa mempersiapkan uang untuk DP rumah.

Setelah membaca kelima alasan tersebut, tentu kamu menyadari pentingnya seseorang perlu bekerja walaupun masih berstatus mahasiswa bukan? Nah, supaya dapat merasakan manfaat-manfaat tersebut, yuk, mulai mencoba untuk mencari pekerjaan di samping kuliah sejak sekarang!

Salah satunya kamu bisa coba jadi Student Ambassador CICIL. Caranya gimana tuh? Langsung aja klik di sini untuk info lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *