liburan hemat

Liburan biasanya identik dengan pengeluaran dalam jumlah besar. Apalagi kalau liburannya ke luar negeri. Padahal sebenarnya tiap orang itu bisa lho liburan hemat bahkan dengan destinasi yang jauh. Walaupun irit pengeluaran, kesan dari liburan tetap nggak bisa ditinggalkan.

Nah, berikut ini ada tips buat kamu yang mau liburan hemat, tapi tetap berkesan:
  1. Lewat jalur darat

Kalau ingin liburan ke kota lain, kamu bisa pakai opsi lewat jalur darat misalnya menggunakan kereta agar lebih murah dan tetap nyaman. Atau kalau libur di luar negeri, kamu bisa mencoba transportasi darat yang tersedia di sana. Pastinya ongkos jalur darat itu lebih murah dibandingkan jalur udara.

  1. Cari tempat yang nggak mainstream

Carilah destinasi wisata yang nggak terkenal agar kamu nggak perlu membeli ini-itu dengan harga turis. Kamu bisa coba browsing di internet, atau tanya ke warga setempat.

  1. Tanya warga setempat

Ini bisa jadi lanjutan poin ke-2. Kamu bisa minta petunjuk menuju destinasi yang nggak populer tapi indah ke warga setempat. Tapi, jangan tanya ke warga sembarangan, melainkan yang tahu soal wisata. Syukur-syukur kalau sekalian dicarikan tempat menginap yang harganya ramah di kantong. Tapi ingat, kamu tetap perlu waspada ya, jangan sampai malah tertipu.

liburan hemat

  1. Potong budget akomodasi

Supaya makin irit, potong aja budget akomodasi kamu. Misalnya, pilih hotel yang standar, nggak perlu berbintang. Atau cari penginapan di Air BnB, yang umumnya lebih murah dari hotel tapi fasilitasnya masih memadai. Makan pun nggak perlu di restoran terkenal, cari aja makanan khas daerah tersebut yang harganya terjangkau.

  1. Bawa botol minum

Makan dan minum bisa jadi komponen pengeluaran yang nggak terduga dan paling banyak menyedot anggaran. Daripada beli minum terus-terusan, mending kamu sediakan botol dari rumah. Air minum bisa kamu ambil dari penginapan, atau mungkin di destinasi liburan ada sumber air bersih yang bisa langsung kamu minum.

  1. Tidur di perjalanan

Saat menempuh perjalanan jarak jauh, mending habiskan waktu dengan tidur. Kalau kamu lebih sering melek dan terjaga, atau malah nggak tidur sama sekali, yang ada malah bikin kamu lemas besoknya. Ujung-ujungnya, kamu jadi lebih banyak menghabiskan waktu di hotel, atau parahnya malah jatuh sakit yang membuatmu harus mengeluarkan uang untuk berobat.

Seluruh poin di atas bisa kamu coba praktekkan untuk liburan hemat tapi tetap berkesan. Pasti kesan dari pengalaman yang kamu dapatkan akan berbeda dari biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *