isi dompet

Jadi mahasiswa itu memang banyak godaannya. Selain kebutuhan kuliah, pasti ada aja godaan-godaan yang bisa menghabiskan isi dompet kamu. Kalau nggak teman ngajak nongkrong terus-terusan, pasti ada saatnya kamu ‘lapar mata’ dan bawaannya pingin belanja terus, yang di luar kebutuhan kuliah ya pastinya.

Biar nggak jadi kebiasaan, mending kamu melakukan 5 tips berikut biar isi dompet kamu selamat:

1. Belajar berhemat

isi dompet

Memang klise sih, tapi pasti bakal membantu banget lho. Kalau biasanya kamu suka jajan sana-sini, mulai sekarang kamu bisa membiasakan bawa makanan dari rumah atau masak dulu di kosan. Terus, kalau diajak belanja sama teman-teman, pastikan kamu udah makan dulu, biar nggak usah jajan lagi. Jangan lupa tahan dirimu biar nggak impulsif untuk beli yang nggak perlu-perlu banget ya.

2. Punya celengan untuk menabung

isi dompet

Meski sekarang udah banyak yang pakai bank atau bahkan online banking, nggak ada salahnya lho untuk pakai cara yang ‘jadul’. Punya celengan itu penting juga sebagai dana darurat di saat isi dompet dan ATM kamu keadaannya udah tiris banget. Nggak perlu banyak-banyak, cukup nabung recehan tiap harinya, kalau rutin dilakukan selama 2-3 bulan, pasti akan terkumpul banyak.

3. Buat catatan pengeluaran dan pendapatan (cashflow)

isi dompet

Dengan rutin membuat catatan cashflow, kamu jadi bisa tahu kamu biasanya mengeluarkan uang untuk apa, dan biasanya mendapatkan uang berapa. Dari situ kamu bisa memilah-milah mana kebutuhan yang benar-benar penting untuk dipenuhi, dan mana yang bisa kamu kurangi.

4. Punya tabungan deposito berjangka

isi dompet

Berhubung jenis tabungan deposito ini harus milih jangka waktu (mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan), kamu nggak bisa menarik dana sesuka kamu. Nah, karena itu, kamu jadi belajar sabar menunggu sampai tenggat waktu pilihan berakhir. Selain itu, kamu bakal dapat lebih banyak lho saat menarik dana, karena kamu juga dapat bunganya.

 

5. Cari kerjaan tambahan

isi dompet

Mau part time atau freelance,manapun nggak masalah. Kalau kamu dapat tawaran proyek magang yang berbayar juga terima aja. Atau mungkin kamu juga bisa ikut proyek penelitian dosen, karena biasanya dosen membayar mahasiswa yang ikut membantu proyek penelitiannya.

 

Lakukan 5 tips di atas kalau kamu mau isi dompetmu selamat. Untuk memudahkan kamu, CICIL juga siap membantu untuk memenuhi kebutuhan kuliahmu kok. Kamu bisa membeli barang-barang kebutuhan kuliahmu hanya dengan klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *