ciri

Apa sih yang bakal membuat seorang mahasiswa jadi sukses nantinya? Apakah karena kuliah di PTN yang ngetop? IPK yang setinggi langit? Bukan jaminan juga tuh.

Menurut seorang Profesor dari Cornell University, Samuel B. Bacharach, ada 5 hal yang membuat mahasiswa menjadi sukses.

Buat kamu, para mahasiswa, yuk lihat dulu 5 ciri mahasiswa sukses berikut ini:

ciri

1. Giat menggali ilmu

Nggak cuma ilmu yang didapat selama di kelas dan yang berkaitan dengan nilai, tapi seorang mahasiswa sukses juga memiliki ilmu lainnya yang didapat di luar perkuliahan. Misalnya menulis buat jurnal ilmiah, ikut kuliah umum terbuka, atau magang.

Mahasiswa yang giat pasti juga mementingkan pengalaman dan ilmu selama kuliah. Tentunya mengesampingkan mengerjakan tugas dan belajar ya.

2. Menonjol

Mahasiswa yang sukses adalah mahasiswa yang menonjol, baik dari segi kecepatan, kecerdasan, dan ketajaman pemikiran.

Kecepatan menangkap materi, cepat dalam mengerjakan sesuatu, serta kecerdasan dan ketajaman berpikir merupakan hal penting yang bisa dilatih. Hal-hal tersebut bisa diasah dengan cara memperluas wawasan, banyak membaca, dan belajar dari pengalaman. Orang yang menonjol nggak bakal cepat puas dengan kemampuan diri dan selalu ingin untuk mengembangkan diri.

ciri

3. Bisa dipercaya

Mahasiswa yang sukses nggak bakal melakukan kecurangan atau sesuatu yang nggak baik. Mereka pasti bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Jadi pribadi yang bisa dipercaya merupakan kualitas yang perlu dilatih dan dijaga terus. Karena, setiap harinya kamu bakal menemukan tantangan dan godaan untuk melakukan hal-hal yang menyimpang untuk mencapai tujuan.

4. Leadership

Hampir semua mahasiswa sukses pernah menjadi pemimpin dalam suatu proyek di kampusnya. Dengan kemampuan memimpin, kamu jadi tahu apa aja yang perlu dikerjakan untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, kamu juga bisa mendorong seluruh anggota tim untuk mengerjakan tanggung jawab mereka.

ciri

5. Rendah hati

Mahasiswa yang tipenya nggak sombong dan memahami kelemahan dirinya pasti nggak merasa insecure dengan orang lain. Mereka paham bahwa tiap orang itu punya kekurangan, dan merasa kalau kerja sama itu merupakan hal yang penting untuk mencapai tujuan.

Karena itu, orang yang rendah hati biasanya adalah seorang team player yang baik.

Dari 5 ciri-ciri yang udah disebutkan di atas, apakah kamu memiliki beberapa atau semuanya? 5 kualitas tersebut penting banget kalau kamu ingin menjadi orang yang lebih baik dan bisa berguna untuk orang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *