biaya traveling

Setiap merencanakan traveling, kamu pasti memikirkan barang apa aja yang akan dibawa. Membawa terlalu banyak barang yang pasti bakal bikin kamu kerepotan nantinya. Tapi, bawa terlalu sedikit barang juga bakal bikin dompet kamu kerepotan karena ujung-ujungnya semua harus serba dibeli nantinya.

Kalau ingin barang bawaan yang efektif dan nggak menyiksa dompet, sebaiknya kamu bawa beberapa barang berikut ini untuk menghemat biaya traveling kamu:

1. Obat-obatan pribadi

biaya traveling

Ini merupakan prioritas utama yang perlu kamu bawa saat traveling, terutama buat kamu yang punya penyakit tertentu yang membutuhkan obat spesifik. Dengan membawa obat-obatan yang udah kamu punya di rumah, kamu jadi menghemat biaya traveling kamu karena kamu nggak perlu membeli obat baru dan nggak repot mencarinya di lokasi berlibur nanti.

2. Universal adapter

biaya traveling

Listrik udah pasti jadi salah satu kebutuhan yang utama bagi kebanyakan orang. Dengan membawa universal adapter yang ukurannya nggak besar, pastinya akan berguna banget buat mengisi baterai gadget kamu nantinya. Apalagi kalau kamu berlibur ke luar negeri. Daripada repot mencari dan bayar mahal di tempat liburan nanti, lebih baik kamu siapkan terlebih dulu.

3. Holding bag dan vacuum bag

biaya traveling

Buat kamu yang berencana untuk berbelanja di tempat liburan nanti, kamu perlu membawa holding bag dan vacuum bag untuk menyimpan barang hasil belanjaan kamu. Daripada harus membeli koper baru untuk membawa hasil liburan, lebih kamu menggunakan holding bag yang bisa dilipat hingga ukuran kecil, jadinya nggak makan banyak tempat.

Vacuum bag juga bermanfaat banget karena barang bisa kamu tekan sampai ukuran terkecilnya. Menggunakan vacuum bag bisa membantu memaksimalkan kapasitas tas atau kopermu, sehingga kamu nggak perlu beli koper tambahan lagi.

4. Perlengkapan mencuci

biaya traveling

Kadang saat traveling, kamu juga butuh perlengkapan mencuci untuk pakaian-pakaian tertentu. Misalnya pakaian yang dibawa nggak cukup untuk digunakan selama berlibur, pastinya kamu nggak mau kan menggunakan pakaian yang kotor berkali-kali? Mau beli baru atau pakai jasa laundry juga bisa-bisa making menyiksa dompetmu.

Untuk menghindarinya, bawa aja perlengkapan mencuci berukuran kecil dan sederhana dari rumahmu. Supaya kamu bisa membersihkan pakaian kamu kalau sekiranya kotor nanti.

5. Cemilan

biaya traveling

Sebelum pergi traveling, baiknya siapkan cemilan terlebih dulu. Beli cemilan berkali-kali saat di perjalanan atau di lokasi liburan merupakan pemborosan juga lho. Nggak masalah kalau cemilan agak memberatkan tas kamu, karena nantinya di perjalanan pun kamu pasti akan memakannya juga.

Memilih barang yang akan dibawa untuk traveling memang nggak mudah. Karena itu, pilihlah barang-barang yang berguna dan efektif untuk dibawa. Dengan begitu, liburan kamu nggak akan terbebani, dan biaya traveling kamu juga jadi lebih hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *