menabung deposito

Deposito adalah jenis tabungan yang biasanya digunakan oleh orang-orang yang ingin berinvestasi di produk keuangan dengan resiko rendah. Sebagai pemula dalam investasi, mungkin beberapa dari kamu telah atau ingin mencoba menabung deposito untuk membiakkan dana kamu secara aman.

Sebelum memutuskan untuk menaruh dana di deposito, ada beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui seputar deposito.

Inilah 5 hal penting dalam menabung deposito di antaranya:
  1. Perbedaan deposito dengan tabungan

Produk perbankan deposito memberikan layanan untuk menyimpan dana dalam jangka waktu tertentu. Suku bunganya lebih tinggi dibandingkan dengan suku bunga tabungan biasa. Ketika berinvestasi deposito, kamu bisa memilih jangka waktu menyimpan dana, mulai dari tiga bulan, enam bulan, satu tahun, dan seterusnya.

  1. Ada biaya saat menarik lebih cepat

Selama periode simpanan, kamu nggak bisa mengambil uangmu. Kalau kamu ingin mengambil atau mencairkan dana sebelum jangka waktu habis, kamu akan dikenakan biaya pencairan. Kenapa? Karena kamu mencairkan dana di luar kesepakatan awal. Tiap bank mengenakan biaya yang berbeda-beda.

Kalau tabungan biasa, kamu nggak terikat dengan jangka waktu. Dana tabungan bersifat lebih fleksibel dan bisa diambil kapan aja.

menabung deposito

  1. Suku bunga simpanan berubah-ubah

Suku bunga deposito dan tabungan selalu berubah tiap empat bulan. Penetapan suku bunga dilakukan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), yaitu lembaga pemerintah yang mengawasi dan mengatur simpanan nasabah di bank.

Suku bunga penjaminan adalah sebesar 6,5 persen per tahun di bank umum untuk simpanan rupiah. Kalau kamu ingin mendapatkan jaminan pemerintah, maka suku bunga yang kamu terima dari bank nggak boleh melebihi suku bunga tersebut. Kalau lebih, kamu nggak akan mendapat jaminan dari pemerintah.

  1. Dijamin pemerintah

Selain berisiko rendah, deposito dan tabungan tergolong sebagai jenis simpanan yang aman. Nilainya dijamin oleh pemerintah sepanjang dananya nggak melebihi Rp2 miliar per orang dalam satu bank.

Jadi, kalau kamu menyimpan dana di suatu bank, dan bank tersebut mendadak ditutup karena suatu hal, maka danamu tetap aman karena dijamin oleh pemerintah dengan batas maksimal tersebut. Kalau melebihi, maka yang dijamin hanya sebesar maksimal Rp2 miliar.

  1. Perhitungan bunga deposito

Kalau kamu tertarik untuk menabung deposito, sebaiknya kamu mempelajari perhitungan bunga deposito terlebih dulu. Semakin besar jumlah dana yang kamu investasikan, maka makin besar juga bunga yang diperoleh. Selain itu, kamu juga akan dikenakan biaya seperti pajak atas bunga deposito sesuai dengan nominal dana tertentu. Untuk informasi penghitungan deposito lebih lanjut bisa kamu baca di sini.

Itulah 5 hal yang wajib kamu ketahui sebelum memutuskan menabung deposito. Setelah mengetahuinya, apakah kamu udah siap untuk mulai investasi deposito?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *