5 pekerjaan

Liburan tuh memang menyenangkan banget, nggak ada kuliah, nggak ada tugas, bisa tidur seharian, pokoknya kamu bebas melakukan apa aja.

Tapi nggak enaknya kalau lagi nggak ada uang. Berhubung uang jajan dari ortu sementara berhenti. Nah, daripada bengong di rumah karena nggak bisa ke mana-mana atau ngapa-ngapain, ada banyak cara kok untuk tetap dapat uang selama liburan. Nggak usah yang ribet-ribet, sesuaikan aja sama passion kamu. Lumayan banget kalau bisa jadi tambahan pengalaman kerja.

Berikut 5 pekerjaan yang bisa kamu lakukan selama liburan:

1. Penulis lepas

5 pekerjaan

Nggak perlu jadi anak sastra atau jurnalistik, kamu yang memang suka nulis dari dulu juga boleh coba profesi ini. Sekarang banyak banget kok, perusahaan yang hire penulis lepas untuk konten website. Cukup berbekal laptop, koneksi internet, dan rekening bank kamu (buat bayar nanti), kamu bisa memulai pekerjaan ini. Mau kapan aja dan di mana aja juga bisa, tinggal kamu atur aja waktunya supaya bisa tetep seneng-seneng selama liburan.

Biasanya bayarannya dihitung dari per tulisan dan sesuai jumlah kata yang diminta. Nilai plus buat kamu yang juga bisa bahasa asing, seperti Inggris dan yang lainnya. Semakin banyak artikel yang kamu tulis, semakin banyak uang yang bisa kamu dapatkan.

2. Fotografer lepas

5 pekerjaan

Punya kamera, suka foto-foto, dan ngedit foto? Selama liburan, coba aja profesi ini. Mau promosiin jasamu, tinggal pakai media sosial atau kabarin ke teman-teman sama keluargamu. Banyak kok, yang butuh jasa ini selama liburan, mulai dari acara ulang tahun anak, acara kantor, kawinan, hingga kerja bareng EO (event organiser) yang lagi butuh anggota cabutan.

3. Desainer lepas

5 pekerjaan

Anak-anak jurusan desain pasti udah pada mencoba profesi yang satu ini selama liburan. Buat yang belum, langsung aja coba melamar ke perusahaan yang sedang cari bakatmu ini. Ada juga website desain yang bisa menerima karya-karyamu, baik desain kaos, website, dan masih banyak lagi. Kamu jadi bisa puas berkreasi menghasilkan karya-karyamu deh.

4. Jualan kue atau snack lain

5 pekerjaan

Nggak cuma di saat menjelang lebaran, tapi kue-kue kering udah banyak dijual di mana-mana lho. Kalau kamu juga suka bikinnya, coba aja ikut jualan. Cuma, berhubung persaingan super ketat, kamu harus punya ciri khas unik untuk kue bikinan kamu dari yang udah ada.

Nggak cuma rasanya yang enak, tampilannya juga harus semenarik mungkin. Kamu bisa promosi lewat teman, tetangga, dan media sosial. Sekalinya ada yang suka, pasti mereka bakalan cerita ke kerabat mereka, jadi bisnismu ini juga bisa makin dikenal.

5. Pelayan restoran atau barista di kafe

5 pekerjaan

Rekomendasi terakhir dari 5 pekerjaan yang bisa kamu lakukan selama liburan adalah dengan mencoba menjadi pelayan restoran atau barista di kafe. Selain kerjanya nggak perlu seharian penuh alias tergantung shift, jadi pelayan resto atau barista di kafe juga ada training-nya, termasuk meracik kopi sesuai standar kafe tersebut. Jadi kamu bakalan mendapatkan skill baru juga dengan mencoba profesi ini. Enaknya, selain dapat duit, kamu masih bisa hangout bareng temen-temenmu di luar shift di tempatmu bekerja.

Liburan bukan berarti kamu cuma bermalas-malasan aja, tapi kamu juga bisa mengisinya dengan kegiatan yang produktif. Kalau mau mendapatkan uang selama liburan dari hasil kerja kerasmu sendiri, lakukan aja salah satu dari 5 pekerjaan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *