wisata hemat

Buat mahasiswa yang budget-nya pas-pasan, traveling tentunya adalah kegiatan yang harus dilakukan dengan persiapan yang matang. Dengan keuangan yang terbatas tiap bulannya, kamu harus pintar-pintar menyisihkan uang demi mengumpulkan tabungan yang akan digunakan untuk liburan.

Selain harus pintar mengatur keuangan, sebagai mahasiswa dengan budget terbatas kamu juga harus bisa memilih destinasi wisata mana yang nggak akan menguras dompetmu. Hal-hal yang harus kamu pertimbangkan di antaranya adalah ketersediaan penginapan murah, moda transportasi yang terjangkau, makanan dengan harga bersahabat, dan objek wisata yang keren yang disertai harga tiket masuk yang nggak bikin dompetmu menangis.

Berikut 5 rekomendasi destinasi wisata hemat yang dapat kamu kunjungi:

1. Karimun Jawa

wisata hemat

Dengan modal Rp750.000, kamu bisa lho menikmati keindahan alam bawah laut Karimun Jawa yang udah terkenal se-Nusantara. Walau harus menyeberang membelah lautan selama kurang lebih 6 jam perjalanan, tapi ketika sampai di tujuan kamu akan diberikan keindahan mulai dari permukaan hingga kedalaman lautannya.

Kamu bisa menghabiskan waktu 3-4 hari untuk berpuas-puas menikmati keindahan tiap pulau di Karimun Jawa. Masukkan aktivitas snorkeling dan diving dalam daftar kegiatanmu dan bersiaplah untuk terpesona menyaksikan keindahan alamnya. Jangan lupa bawa sunblock ya!

2. Ujung Kulon

wisata hemat

Siapa bilang wisata menjelajahi keindahan alam bawah laut itu nggak terjangkau untuk kamu yang budget-nya terbatas? Kamu bisa menikmatinya di Ujung Kulon. Birunya air laut, putihnya pasir, dan keanggunan ombak di Pulau Panaitan bisa kamu tuju dengan anggaran Rp400.000,- aja. Kamu juga bisa menengok keragaman aneka biota laut di Pulau Badul.

Biar lebih hemat lagi, ajak aja teman-temanmu untuk berlibur ke sini.

3. Kawah Ijen dan Baluran

wisata hemat

Rekomendasi destinasi wisata hemat yang kelima adalah Kawah Ijen dan Baluran yang terletak di Jawa Timur. Di sini ada fenomena api biru yang unik, yang konon katanya cuma ada dua di Indonesia. Untuk menyambangi keindahan api biru yang berada di Puncak Ijen ini, kamu harus mendaki selama 3 jam sebelum akhirnya bisa melihat keunikan api biru.

Selain fenomena api biru, di sini juga ada savana ala Afrika di Taman Nasional Baluran. Untuk berwisata di sini, kamu hanya perlu budget sekitar Rp400.000,- lho.

4. The Lodge Maribaya Lembang

wisata hemat

Kalau suka dengan tempat wisata alam terbuka yang eksotis, maka kamu bisa cobain ke The Lodge Maribaya Lembang, Bandung. Objek wisata ini menyajikan beberapa wahana unik dan pemandangan alam yang indah. Daya Tarik utamanya adalah spot foto yang keren dengan latar hamparan hutan pinus yang eksotis.

Untuk mendapatkan foto tersebut, kamu bisa mencoba 3 wahana atau atraksi yang ditawarkan, yaitu Sky Tree, Mountain Swing (Sky Swing), dan Zip Bike. Wahana-wahana tersebut dapat kamu coba dengan biaya Rp15.000,- hingga Rp20.000,-. Untuk masuk ke The Lodge sendiri kamu hanya memerlukan biaya tiket masuk sebesar Rp20.000,- (weekdays), dan Rp25.000,- hingga Rp35.000,- (weekend).

5. Pedalaman Baduy

wisata hemat

Buat kamu yang rindu liburan dengan budget seadanya, maka Pedalaman Baduy adalah tawaran yang menarik untuk kamu. Suku ini berada di daerah Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Walau mereka mengisolasi diri dari arus globalisasi, tapi penduduknya sangat ramah terhadap kedatangan masyarakat luar. Penduduk Baduy dibagi dua, yaitu Suku Baduy Dalam dan Luar.

Suku Baduy Luar cenderung lebih ramah terhadap pengaruh dari luar. Mereka udah mulaiĀ  menggunakan alat elektronik seperti lampu, televisi, bahkan handphone sebagai alat komunikasi. Sedangkan Suku Baduy Dalam benar-benar melarang adanya penggunaan elektronik, alat bermotor, bahkan bahan kimia seperti sabun mandi.

Kalau kamu ingin ke sini, cobalah untuk menginap di rumah penduduk sekitar. Nggak ada patokan harganya kok, karena penduduk memberikan fasilitas sesuai dengan hati nurani masing-masing pengunjung.

 

 

Mumpung lagi musim liburan, ayo langsung aja cobain salah satu destinasi wisata hemat di atas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *