liburan hemat

Buat mahasiswa, pasti ingin kan puas liburan tanpa merasa nyesek untuk mengeluarkan uang banyak? Ada banyak cara lho yang bisa dilakukan untuk membuat liburanmu tetap berkesan tanpa keluar banyak biaya.

Ini dia beberapa tips untuk liburan hemat yang tetap bikin senang buat kamu:
  1. Rencanakan sejak jauh hari

Jangan dadakan memutuskan liburan dalam waktu dekat, misalnya minggu depan, atau bahkan besok. Yang ada biaya perjalanan kamu bisa bengkak, apalagi kalau tujuannya jauh.

Kalau kamu merencakan liburan dari jauh-jauh hari, kamu bisa cari tiket murah. Apalagi tiket pesawat. Biasanya, tiket pesawat dijual murah kalau kita membelinya jauh-jauh hari. Misalnya, beberapa bulan sebelumnya, atau setahun sebelumnya.

  1. Siapkan budget

Tentukan budget sebelum mencari-cari tiket dan akomodasi liburan. Utamakan kebutuhan sehari-hari dan tanggungan dulu. Dengan memprioritaskan pengeluaran wajib terlebih dulu, kamu bisa menghitung-hitung budget untuk menentukan liburan yang ramah di kantong.

Carilah destinasi yang sesuai dengan budget yang kamu miliki tersebut. Biar makin pasti lagi, riset terlebih dulu lokasi wisata yang murah meriah yang harus dikunjungi. Manfaatkan internet untuk hunting tempat-tempat tersebut.

liburan hemat

  1. Buat daftar pengeluaran

Buat daftar seluruh pengeluaran kamu, baik pengeluaran saat berangkat, selama liburan, dan saat pulang dalam budget. Tiket, penginapan, dan makan tentu harus kamu masukkan dalam daftar juga.

Biar liburan makin nyaman, carilah penginapan yang reputasinya bagus, nggak perlu cari yang mahal. Kamu bisa lihat testimoni orang-orang melalui website-website seperti Tripadvisor dan lainnya. Soal oleh-oleh, belilah yang untuk teman dan keluarga. Tentunya harus tetap mempertinbangkan anggaran dengan baik ya.

  1. Bayar pakai cash

Dengan membawa uang cash aja, kamu bisa membatasi anggaran belanja saat liburan. Kalau bawa kartu, mending yang debit aja, buat jaga-jaga kalau memang harus menarik tunai di ATM.

Kenapa debit dan bukan kredit? Karena kalau transaksi dengan kartu debit berarti kamu menggunakan dana di tabungan. Kamu pasti jadi nggak mau asal gesek, karena itu artinya langsung memotong dana di tabungan. Sedangkan kalau kartu kredit, bisa timbul pikiran “Bayarnya bisa nanti-nanti”. Nah, ini yang berbahaya, menggampangkan tagihan bukanlah cara memaksimalkan manfaat kartu kredit.

  1. Coba untuk menawar

Biar liburan hemat kamu makin afdol, cobalah untuk menawar harga. Produk atau jasa yang ditawarkan di lokasi liburan biasanya dipatok dengan harga tinggi. Usahakan untuk selalu menawar sesuatu yang mau kamu beli dengan harga yang lebih murah. Tapi, kalau beli di tempat yang udah menentukan harga fixed, jangan gunakan strategi ini. Gantilah dengan strategi cari barang diskon atau buy 1 get 2.

Liburan itu fungsinya untuk bersenang-senang menghilangkan stres. Soal biaya, sebenarnya bisa kok diakali. Supaya kamu bisa liburan hemat yang tetap fun, cobain aja ya tips-tips di atas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *