penggunaan gadget

Kebutuhan akan informasi dan komunikasi yang semakin besar menyebabkan demand terhadap teknologi gadget pun semakin tinggi. Gadget menjadi salah satu benda yang nggak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia di zaman modern ini. Hampir semua informasi yang kita butuhkan dapat ditemukan melalui teknologi gadget seperti smartphone.

Tapi, penggunaan gadget secara berlebihan akan berakibat fatal dan bahkan jadi ancaman serius bagi kesehatan. Apalagi kalau penggunaannya udah dilakukan sejak usia dini.

Inilah beberapa bahaya dari penggunaan gadget secara berlebihan yang perlu kamu ketahui:
  1. Gangguan mental dan psikologis

penggunaan gadget

Penggunaan gadget secara terus-menerus dan tanpa kontrol dapat memicu mental seperti depresi, bipolar, dan autisme. Bahkan ada orang yang merasa cemas kalau mereka lupa membawa gadget. Rasa cemas itu juga dikenal dengan nama nomophobia.

Nomophobia ditandai dengan perilaku cemas berlebihan dan nggak mampu mematikan ponselnya, khawatir berlebihan kalau kehabisan baterai, terus-menerus mengecek pesan, panggilan dan media sosial, bahkan saking cemasnya penderita nomophobia juga sering membawa ponselnya ke kamar mandi.

Kecemasan berlebihan ini dapat mengubah suasana hati dan menimbulkan rasa nggak aman, Sehingga penderita nomophobia cenderung membatas komunikasi dan kontak pada orang lain yang mengganggu aksesnya terhadap ponselnya.

  1. Gangguan akibat sinar radiasi

penggunaan gadget

Sinar radiasi dari monitor seperti smartphone, laptop, dan lainnya dapat memicu mata lelah, yang dapat berakibat pada mata berair, rasa pusing, bahkan insomnia. Sinar radiasi juga dapat membuat organ mata mengalami astenopia dimana pupil akan bereaksi lambat terhadap cahaya, dan menyebabkan lensa mata menjadi keruh bahkan berisiko katarak.

Selain itu sinar radiasi juga dapat menyebabkan iritasi kulit. Memangku laptop terlalu lama di paha dan penyimpanan ponsel di saku celana juga dapat memberikan masalah kesuburan, baik untuk wanita maupun pria.

  1. Kerusakan tulang

penggunaan gadget

Penggunaan gadget secara berlebihan ternyata juga dapat menyebabkan kerusakan pada tulang belakang. Biasanya hal ini lebih banyak dialami oleh remaja dan anak-anak di usia sekolah.

Kerusakan ini disebabkan dari kebiasaan menundukkan kepala dan melihat gadget selama berjam-jam. Hal ini juga dapat memicu kerusakan dan pergeseran pada tulang punggung dan tulang leher dari posisi aslinya.

Itulah beberapa akibat dari penggunaan gadget. Biar kamu nggak mengalaminya, mulai sekarang ada baiknya kamu lebih bijaksana dalam menggunakan teknologi yang ada ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *