lulus kuliah

Kamu sedang dalam proses mengerjakan skripsi? Setelah skripsi kelar dan lulus kuliah S1, rencanamu mau lanjut ke mana? Melamar kerja dulu, atau mau langsung lanjut kuliah S2?

Kegalauan belum selesai lho begitu skripsi kelar. Hidup selalu punya pilihan. Untuk yang satu ini, wajar aja kalau kamu mikir-mikir banget sebelum mengambil keputusan. Ada yang bilang, mending kerja aja dulu. Selain kuliah S2 lebih mahal dan pastinya lebih susah, lebih enak lanjut S2 pakai uang sendiri. Jadi nggak bakal membebankan orang tua lagi.

Tapi, ada juga yang bilang langssung aja lanjut ke S2. Selain otak masih fresh dan semangat belajar masih ada, nanti kamu bakalan punya nilai plus lagi dengan title S2-mu. Apalagi kalau ternyata kamu udah dapat tawaran beasiswa S2 rugi juga kan kalau ditolak.

Berikut hal-hal yang bisa jadi pertimbangan kamu dalam memilih “jalan selanjutnya” setelah lulus kuliah:

Kalau pilih langsung S2

lulus kuliah

1. Mumpung masih ada semangat, tenaga, dan waktu belajar

Lulusan S1 rata-rata masih di awal usia 20-an. Nah, mumpung masih muda, pasti semangat belajar masih ada, tenaga masih kuat, dan waktu masih lowong. Apalagi udah ditawarin beasiswa, dan jurusannya juga sesuai dengan minat kamu.

2. Bisa memperdalam ilmu yang udah kamu dapat di S1

Biar makin mantap, banyak juga yang milih lanjut dulu ke S2 dengan jurusan yang sama. Selain bisa memperdalam ilmu yang udah kamu dapet di S1, juga bakalan bikin kamu lebih siap pas mau mengaplikasikan ilmu itu di dunia kerja nanti.

3. Karena profesi incaran meminta gelar S2 sebagai salah satu syarat penerimaan

Contohnya: kamu ingin jadi dosen. Logikanya, kalau mau ngajar mahasiswa S1 minimal kamu harus udah lulusan S2 atau S3. Enaknya sih, kalau udah lulus S2, pekerjaan itu pasti masih tersedia buat kamu karena saingannya nggak sebanyak pekerjaan untuk lulusan S1.

4. Sekalian networking

Kata siapa kuliah S2 berarti menunda kesempatan terjun ke dunia nyata dan ketemu orang-orang profesional? Justru pas kuliah S2 kamu juga bisa melakukannya. Pasti banyak teman-teman sekelas yang juga orang kantoran. Nggak cuma belajar dari pengalaman mereka, siapa tahu pas lulus nanti kantor mereka buka lowongan atau mereka ingat kamu pas lagi buka lowongan kerja.

Kalau pilih kerja dulu

lulus kuliah

1. Langsung dapat pengalaman kerja

Kalau malas kuliah, taruhannya IPK, kalau malas kerja, taruhannya lebih banyak lagi. Karir, nama baik atau reputasi kamu, sampai nama perusahaanTapi nggak usah takut, kalau kamu kerjanya memang rajin dan nggak cari-cari alasan buat cabut atau bolos kayak masa kuliah dulu. Soalnya, sekali performamu jelek dan dipecat, buat mendapatkan kerja di tempat lain dengan reputasi seperti itu nggak bakal gampang.

2. Dapat gaji, belajar mandiri, dan berusaha mengatur keuangan sendiri

Mungkin kerjaan pertama kamu sebagai fresh graduate gajinya bakal berasa di bawah UMR. Nah, justru kamu yang harus pintar-pintar berusaha mengatur keuanganmu sendiri. Jangan sampai keuangan kamu habis di tengah bulan, terus malah berujung kelaparan dan lagi-lagi minta bantuan dari orang tua.

3. Masih bisa S2 kok, cuma nunda dulu

Nggak langsung ambil S2 nggak masalah kok. Masih ada kesempatan buat ke sana. Justru lebih enak kalau kamu kuliah S2 dengan hasil tabungan sendiri.

4. Mengurangi kejenuhan akibat harus di kelas terus

Banyak yang milih langsung kerja setelah lulus S2 karena merasa “bosan di kelas”. Selain cari suasana baru, kamu nggak akan stuck di kelas terus.Tapi, pastikan kalau bukan ini aja ya alasannya.

Tapi, namanya juga pilihan. Setelah lulus kuliah dan mendapat saran dari orang-orang seperti apapun, intinya tetap kamu yang memutuskan. Karena, cuma kamu yang benar-benar kenal dengan dirimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *