budget jar

Suka merasa uangmu cepat habis? Atur aja keuangan kamu dengan metode Budget Jar. Metode ini adalah metode pembagian uang menjadi beberapa kelompok. Kelompok-kelompok inilah yang disebut sebagai jar atau toples untuk memisahkan dan memudahkan kamu untuk mengatur keuangan.

Caranya gampang banget kok, kamu cuma perlu membagi uang bulanan kamu menjadi enam bagian toples. Tiap toples ini mewakili kebutuhan kamu.

Toples 1: Keperluan bulanan (55% dari uang bulanan kamu)

Uang di toples ini gunanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu, seperti bayar kos, makan sehari-hari, atau uang transport.

Misalnya, uang bulanan kamu Rp2.500.000,- maka 55%-nya, yaitu Rp1.375.000,- harus dimasukkan ke toples ini.

budget jar

Toples 2: Keperluan senang-senang (10% dari uang bulanan kamu)

Uang di toples ini bisa kamu gunakan untuk sesuatu yang nggak rutin kamu lakukan tiap hari. Misalnya, nongkrong di kafe atau karaoke bareng teman-teman. Kalau budget bulan ini nggak dipakai, kamu bisa akumulasikan dengan budget bulan depan untuk jalan-jalan.

Misalnya, uang bulanan kamu Rp2.500.000,- maka 10%-nya, yaitu Rp250.000,- harus dimasukkan ke toples ini.

Toples 3: Tabungan (10% dari uang bulanan kamu)

Toples tabungan ini nggak boleh kamu ganggu gugat. Kalau perlu, buka tabungan di bank dan jangan pakai fasilitas kartu ATM supaya kamu nggak tergoda untuk mengambil uang kamu. Uang di toples ini ditujukan untuk kamu gunakan dalam keadaan darurat seperti saat sakit atau untuk biaya kelulusan.

Misalnya, uang bulanan kamu Rp2.500.000,- maka 10%-nya, yaitu Rp250.000,- harus dimasukkan ke toples ini.

budget jar

Toples 4: Keperluan pendidikan (10% dari uang bulanan kamu)

Uang di toples ini ditujukan untuk mendukung keperluan kuliah kamu. Kamu bisa gunakan uang ini untuk membeli kebutuhan kuliah seperti buku, kamus, bayar kursus, atau bayar seminar. Ini juga bisa jadi investasi yang menguntungkan untuk masa depan kamu lho.

Misalnya, uang bulanan kamu Rp2.500.000,- maka 10%-nya, yaitu Rp250.000,- harus dimasukkna ke toples ini.

Toples 5: Keperluan pribadi (10% dari uang bulanan kamu)

Uang yang ada di toples ini bisa kamu gunakan untuk kebutuhan pribadi kamu. Kamu butuh olahraga di gym? Atau mau ikut kelas Zumba dan yoga? Atau butuh untuk perawatan kecantikan kamu? Gunakan aja uang yang ada di toples ini.

Misalnya, uang bulanan kamu Rp2.500.000,- maka 10%-nya, yaitu Rp250.000,- harus dimasukkna ke toples ini.

budget jar

Toples 6: Menyumbang dan memberi hadiah (5% dari uang bulanan kamu)

Toples ini fungsinya untuk mengumpulkan uang yang bisa kamu gunakan untuk membeli hadiah/kado, bersedekah, atau menyumbang kegiatan sosial.

Misalnya, uang bulanan kamu Rp2.500.000,- maka 5%-nya, yaitu Rp125.000,- harus dimasukkan ke toples ini.

Kalau kamu disiplin mengikuti metode Budget JarĀ  ini, dijamin kamu nggak bakal menghabiskan uang di luar budget yang udah ditentukan deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *