kelas berbagi

Student Ambassador Semarang mulai belajar membangun personal branding melalui curiculum vitae (CV). Bagaimana orang bisa mengetahui kekuatan dan potensi yang dimiliki hanya melalui selembar tulisan. Hal tersebut yang dipaparkan oleh CEO Monika.id, Aditya Dwi Putra, selaku narasumber dalam acara Kelas Berbagi Student Ambassador Semarang dengan tema “How to Make Stunning CV and Event Proposal”, pada hari Selasa, 11 September 2018 yang lalu, di ¾ coworking space Semarang.

Adit, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa CV yang baik adalah CV yang menggambarkan dirinya melalui sebuah esai, bukan hanya mencamtumkan pencapaian dan penghargaan yang ia miliki. “Seringnya, pembuat CV menampilkan banyak sertifikat terkait seminar dan keterlibatannya di berbagai acara, namun lupa menuliskan mereka terlibat sebagai apa,” kata pria yang juga lulusan Universitas Bina Nusantara Jakarta tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan, lanjut Adit, adalah kita perlu menceritakan dengan baik apa yang menjadi potensi kita. “Itu kuncinya, misalnya mau mendaftar sebagai Social Media Content, maka ceritakanlah kelebihan kita yang sesuai dengan posisi yang dilamar, sehingga orang yang membaca juga bisa mempertimbangkan kelebihkan kamu,” paparnya.

kelas berbagi

Selain membahas tentang CV dan bagaimana event proposal bisa diterima oleh perusahaan sasaran untuk kepentingan sponsor, Kelas Berbagi memang menjadi ajang Student Ambassador Semarang untuk meningkatkan kapasitas dirinya di luar tugasnya sebagai Student Ambassador. Harapannya, mereka mampu mengembangkan dirinya usai lulus menjadi Student Ambassador CICIL.

Di penghujung acara, Aditya membuka sesi tanya jawab untuk Student Ambassador. Di sesi ini, Student Ambassador pun sangat antusias untuk menanyakan masalah yang sering ditemui ketika membuat CV, terutama mahasiswa yang akan segera melamar kerja.


Artikel ini ditulis oleh:

Adelia Erlita Putri

Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Semarang, angkatan 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *