perawatan khusus

Sepatu basket itu perlu dirawat dengan baik sesuai dengan jenisnya. Apalagi sepatu basket yang tiap hari kamu gunakan di lapangan. Kalau nggak dirawat dengan perawatan khusus yang tepat, jangankan bertahan lama, yang ada malah jadi cepat rusak.

Kalau kamu mau sepatu basketmu tahan lama biar performamu di lapangan makin maksimal, lakukan aja tips-tips perawatan khusus berikut ini:

perawatan khusus

1. Bersihkan sepatu setelah digunakan

Setelah beraksi di lapangan, lap dulu sepatumu. Kamu bisa membersihkan kotoran dan debu yang menempel di sepatu kamu dengan menggunakan cairan pembersih sepatu dan sponge, atau kain nylon yang lembut.

Untuk sepatu berbahan kain dan kanvas, jangan gunakan sikat atau alat pembersih bertekstur kasar yang bersifat merusak.

2. Gunakan sikat gigi bekas atau sikat berbulu lembut

Bagian sol, terutama sol bagian bawah, adalah bagian yang paling cepat kotor. Untuk membersihkannya, baiknya kamu nggak menggunakan sikat yang besar dan bertekstur kasar. Cukup bersihkan kotoran yang menempel dengan sikat gigi bekas atau sikat khusus yang bertekstur lembut.

Sepatu berbahan kulit memang kelihatannya tangguh, tapi lama-kelamaan pasti bakal terkikis juga. Apalagi kalau kamu menggosoknya terlalu keras dan terlalu sering. Kalau mau menggosok dengan keras, baiknya di bagian sol samping dan sol bawah aja.

perawatan khusus

3. Gunakan sponge untuk sepatu berbahan kombinasi kanvas dan kulit atau karet

Membersihkan sepatu dengan bahan kombinasi memang perlu kesabaran. Biar nggak susah dan praktis, gunakan sponge aja. Begitu juga dengan sepatu berbahan karet. Kalau lap terlalu lembut dan sikat terlalu keras untuk karet, maka sponge adalah pilihan yang tepat.

4. Hindari panas matahari secara langsung

Setelah sepatumu dicuci, kamu hanya perlu mengeringkannya di suhu normal ruangan. Nggak perlu sampai menjemurnya di bawah matahari yang terik. Panas matahari yang berlebihan malah akan membuat sepatumu rusak.

Misalnya, bahan kulit sebagus apa pun pasti bakal cepat kering terkelupas kalau dijemur di bawah matahari langsung. Efek itu juga akan timbul kalau kamu mengeringkan sepatu dengan alat pengering lainnya. Biarkan aja sepatu basketmu kering secara alami.

5. Bersihkan sol dalam sepatu

Sol dalam sepatu adalah bagian yang paling rentan dihinggapi bakteri dan jamur. Jadi, kamu nggak boleh sampai kelewatan membersihkan sol dalam ini. Pertama, kamu harus keluarkan sol dalam dari sepatu dan bersihkan sol dalam seperti membersihkan badan sepatu.

Kalau untuk sepatunya, lebih baik kamu rendam sampai solnya aja, biar warna sepatumu nggak luntur. Untuk mengeringkannya, cukup jemur dalam ruangan bersuhu normal, atau gunakan tisu agar airnya terserap.

perawatan khusus

6. Ganti sepatu lebih aman

Punya lebih dari satu sepatu basket itu juga bisa menambah durasi penggunaan lho. Dalam setiap pemakaian, pasti sepatu basket andalanmu bakal merasa “capek” bergesekan dengan lapangan. Kamu juga nggak bisa mencuci sepatumu tiap saat.

Daripada sol sepatumu habis tergerus, ada baiknya kamu punya sepatu lainnya. Jadi kamu punya persediaan satu sepatu latihan, dan satu sepatu khusus untuk bertanding. Kalau mau cari sepatu basket untuk cadangan, cari aja di e-commerce terpercaya favoritmu, kemudian produknya bisa kamu beli dengan cara mencicil di CICIL.

Biar makin maksimal lagi, kamu juga bisa membersihkan sepatu basketmu dengan perlengkapan perawatan khusus dari Crep Protect Shoe Cleaning Kit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *