supaya cv

Membuat CV (Curiculum Vitae) adalah salah satu bagian yang paling memakan waktu untuk melamar pekerjaan. CV pasti perlu dipersiapkan dengan baik, dan nggak sedikit orang yang mempercantiknya dengan desain yang profesional.

Untuk menyempurnakannya, berikut ada beberapa tips supaya CV kamu makin dilirik oleh perusahaan impianmu:
  1. Periksa kembali

Dalam membuat CV, kamu perlu menghindari kesalahan seperti ejaan, tata bahasa, tanda baca, dan kesalahan ketik lainnya. Jangan sampai kamu keburu mengirimkannya atau menyimpannya tanpa melihatnya lagi. Hindari kesalahan tulisanmu dengan memeriksanya kembali, atau minta temanmu untuk membaca surat lamaran sebelum mengirimnya.

supaya cv

  1. Perhatikan pekerjaan yang kamu lamar

Saat lulus kuliah nanti, mungkin ada beberapa puluhan lamaran pekerjaan yang memungkinkan untuk kamu lamar. Tapi, perlu kamu ketahui, CV atau surat lamaran yang kamu buat mungkin nggak cocok untuk pekerjaan tertentu. Jadi, kamu harus jeli dalam membuat CV, dan kamu perlu menggambarkan bagaimana kamu memenuhi syarat untuk pekerjaan yang akan kamu lamar nanti.

  1. Personal branding

Personal branding adalah bagaimana kamu memasarkan diri kamu sendiri atau menciptakan merek pada diri kamu. Mungkin kamu udah menerapkannnya di dalam media sosialmu, misalnya kamu suka traveling, pasti kamu menaruh banyak foto kegiatan traveling-mu. Terciptalah bahwa kamu adalah seorang traveler.

Membuat CV juga harus seperti itu sehingga pewawancara akan melihat diri kamu dengan lebih spesifik.

Jadi, jangan membuang-buang kertas CV dengan hal-hal yang nggak perlu. Contohnya, kamu ingin bekerja sebagai jurnalis olahraga, maka kamu harus menuliskan profil bagaimana ketertarikanmu dengan jurnalistik. Kamu pun juga perlu menuliskan kegiatan jurnalistikmu di kampus, dan menuliskan ketertarikanmu di bidang olahraga untuk menunjangnya, jangan menuliskan kalau kamu suka memasak karena nggak akan nyambung.

Itu dia 3 tips supaya CV kamu cepat dilirik sama perusahaan-perusahaan incaran kamu. Langsung aja terapkan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *