student ambassador

Dalam sesi kenalan dengan Student Ambassador kali ini kita akan berkenalan lebih jauh dengan Vinsensius De Pau, jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Yogjakarta.

Seperti apa sih cerita Vinsensius selama jadi bagian dari CICIL? Yuk, kita simak di sini:

Hai Vinsensius, sekarang kesibukan kamu apa sih?

Salah satu kesibukan yang sedang aku jalankan hingga saat ini adalah berjualan pulsa dan snack yang hanya sebatas pelayanan 1 angkatan prodi saja. Hal tersebut ditujukan agar tidak terlalu ribet jika ada yang hutang dan harus menagihnya. Diawali dari semester 1 hingga semester ini, Puji Tuhan keuntungan yang diperoleh dapat dimanfaatkan kembali untuk berinvestasi.

Apakah kamu akan terus menjalankan bisnis ini?

Sayangnya, dengan keterbatasan waktu untuk memproduksi snack tersebut, kemungkinan semester depan bisnis ini akan aku hentikan dan digantikan dengan makanan homemade lain berupa roti, yang direncanakan menggunakan sistem pre order, dan bekerja sama dengan salah satu teman yang kebetulan merupakan chef yang baru saja lulus.

Apa yang membuat kamu bergerak untuk membangun bisnis-bisnis ini?

Mencari teman baru, bergaul, mengikuti kepanitiaan atau organisasi, berkenalan dengan teman berbeda kelas dan jurusan merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan. Dengan bertambahnya teman otomatis akan menambah koneksi, hal tersebutlah yang bisa kamu manfaatkan, memperluas pengetahuan, saling sharing, yang dapat juga digunakan untuk mendapatkan pangsa pasar yang bisa dimanfaatkan, hal inilah yang membuat aku terpikirkan untuk menyibukkan diri dengan bisnis ini.

Sekarang berbicara bagaimana sih bisa tau CICIL?

Berawal di tahun 2016 saat sedang aktifnya mengikuti kepanitiaan, disertai hasrat besar berkeinginan menyicil kamera agar bisa belajar fotografi sambil masuk divisi PDD nantinya, aku mulai cari tahu tentang fasilitas-fasilitas cicilan yang ada. Kebetulan aku memiliki teman yang mengerti hampir semua teknologi ter-update, berceritalah aku tentang masalah ini pada dia, kemudian dia menawarkan ada suatu website yang pernah dia lihat di suatu acara talkshow, dimana mahasiswa bisa mengajukan cicilan yaitu di CICIL.

Bagaimana reaksi kamu begitu tahu ada fasilitas CICIL?

Pada awalnya aku tidak terlalu percaya akan fasilitas untuk Mahasiswa ini, persepsi ini datang ketika aku ingin membuat akun CICIL, dan ternyata CICIL belum hadir di Yogyakarta bahkan di kampus Universitas Sanata Dharma.

Lalu, bagaimana kamu memutuskan bergabung jadi Student Ambassador CICIL?

Bermula dari sebuah paid promote kepanitian fakultas, aku jadi tahu bahwa akhirnya CICIL telah hadir di kampus tercinta ini. Selain paid promote yang menawarkan fasilitas CICIL itu sendiri, ternyata paid promote tersebut juga menampilkan tawaran untuk menjadi Student Ambassador. Awalnya aku tidak terlalu tertarik dengan tawaran ini, merasa takut gagal dan tidak percaya diri, tetapi ada salah satu temanku yang berusaha membujuk untuk menemani mendaftar menjadi Student Ambassador itu, dan pada akhirnya aku pun mau dengan motivasi menambah teman, mencari pengalaman, sekaligus menambah uang jajan.

Apa aja sih manfaat menjadi Student Ambassador?

Pengalaman dalam membangun brand awareness adalah salah satu yang didapat dan terasa ketika aku menjadi Student Ambassador. Di sisi lain seperti yang aku jelaskan sebelumnya jika perkuliahan dimanfaatkan secara positif kamu dapat menambah koneksi dengan orang lain, di sinilah hal tersebut aku dapatkan. Mengenal beberapa mahasiswa dari berbagai kampus di Yogyakarta adalah hal yang mengasikan, saling sharing, mengobrol santai dan dapat menjalin silaturahmi satu sama lain adalah beberapa manfaat yang didapat. Selain itu, salah satu manfaat yang sebenarnya tidak terlalu penting tapi penting, bagi sebagian besar Student Ambassador adalah mendapat uang jajan tambahan atau biasa kami sebut komisi, yang dapat dibilang lumayan untuk sekelas mahasiswa, bisa menjadi pengganti uang bulanan kalian.

Terima kasih udah berbagi ceritanya ya, Vinsensius. Itu dia salah satu cerita dari teman kita yang juga seorang Student Ambassador CICIL.

Bagaimana dengan kamu? Ingin seperti Vinsensius? Termasuk mahasiswa aktif, baik di kelas maupun organisasi? Punya bisnis sendiri atau sedang magang? Jika ingin mencari pengalaman bekerja di perusahaan startup, bergabunglah bersama CICIL. Dapatkan pengalaman kerja yang dapat mendukung portfolio-mu. Ada imbalan menarik juga lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *