apa itu limit cicil

Mungkin beberapa dari kamu udah ada yang mendengar soal Limit CICIL tapi belum memahami sepenuhnya tentang Limit CICIL.

Apa itu Limit CICIL? Limit CICIL adalah besarnya fasilitas yang dapat CICIL berikan ke kamu dengan mempertimbangkan profil kamu. Limit yang diberikan ke kamu nantinya akan terpotong saat kamu memesan suatu produk. Pemotongan limit tersebut dihitung dari harga barang setelah dikurangi dengan uang muka (DP) kamu.

Perlu kamu ingat sebelumnya, fasilitas limit CICIL ini akan diimplementasikan secara bertahap. Artinya, kamu mendapatkan kesempatan pertama untuk mencoba fasilitas ini dan user (pengguna) lainnya dapat menggunakan fasilitas ini pada tahap berikutnya.

Bagi yang sudah dapat mencoba fasilitas limit, berikut adalah contoh alur pemesanan barang dengan fitur limit melalui website dan aplikasi CICIL:

Alur 1: Limit Belum Terpakai

Buka website/aplikasi CICIL dan masukkan URL barang yang ingin dibeli di kolom yang tersedia.

limit cicil

limit cicil

Jumlah limit yang diberikan kepada kamu sebesar Rp5.000.000. Barang yang ingin kamu beli memiliki harga Rp1.299.500. Pada halaman pengajuan cicilan, kamu dapat mengatur jumlah DP (uang muka) dan jangka waktu cicilan sesuai keinginan. Sisa limit akan terhitung setelah kamu menentukan jumlah DP dan jangka waktu cicilan kamu. Sisa limit kamu adalah Rp3.751.465.

limit cicil

limit cicil

Kamu perlu memastikan bahwa limit yang kamu miliki cukup untuk cicilan tersebut. Karena limitmu belum pernah terpakai, maka kamu bisa melanjutkan pengajuan cicilan.

limit cicil

Setelah itu pilih alamat dan tujuan pengiriman kamu.

limit cicil

limit cicil

Kamu bisa memasukkan kode voucher potongan DP atau cicilan apabila kamu memilikinya. Kalau tidak, kolom kode voucher tidak perlu kamu isi dan kamu bisa klik “Lanjut”.

limit cicil

limit cicil

Setelah itu kamu perlu mengkonfirmasi kembali simulasi cicilan kamu dan alamat pengiriman yang kamu pilih. Jika sudah benar, kamu bisa langsung menyetujui syarat dan ketentuan, kemudian klik “Lanjut” atau “Proses Pesanan”.

limit cicil

limit cicil

Kemudian kamu perlu memasukkan kode OTP yang diberikan ke kamu (kodenya adalah 4 digit terakhir dari nomor yang menghubungi kamu saat proses pengiriman kode OTP).

limit cicil

limit cicil

Pengajuan cicilan kamu pun berhasil dilakukan. Setelah itu kamu perlu menunggu proses verifikasi dari tim CICIL.

limit cicil

 

 

limit cicil

 

Alur 2: Membeli Barang Kedua dengan Sisa Limit CICIL

Limit yang diberikan kepada kamu sebesar Rp5.000.000. Sisa limit dari pembelian yang sebelumnya adalah Rp3.751.465. Barang kedua yang ingin kamu beli memiliki harga Rp4.299.000.

limit cicil

Sisa limit dengan barang baru adalah minus Rp71.655. Artinya limit kamu tidak mencukupi untuk mengajukan cicilan barang kedua ini atau overlimit.

limit cicil

limit cicil

Agar tidak overlimit, kamu bisa coba cara yang ada di alur 3 berikut ini:

Alur 3: Mengatasi Overlimit dengan Menaikkan DP

Kamu bisa coba menaikkan DP (untuk mengurangi besar cicilan) sampai nilai cicilan mencukupi nilai limit.

limit cicil

limit cicil

Sisa limit yang kamu miliki setelah menaikkan DP adalah Rp83.495. Kamu pun dapat mengajukan cicilan karena sisa limit kamu tidak minus atau overlimit.

Tapi, kalau ternyata setelah mencoba menaikkan DP masih overlimit juga, maka kamu perlu mencoba alur berikutnya:

Alur 4: Mengatasi Overlimit dengan Mengganti Barang yang Ingin Dibeli

Proses pengajuan cicilan tidak bisa kamu lakukan karena dengan nilai DP maksimal, besar cicilan yang kamu miliki tetap lebih besar dari limit yang dimiliki.

limit cicil

limit cicil

Karena nilai cicilan tidak mencukupi dengan DP maksimal, maka kamu disarankan untuk mengganti dengan barang yang lain.

limit cicil

limit cicil

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *