kegiatan ukm

Dunia perkuliahan itu luas banget, rasanya sayang kalau dihabiskan dengan diam di dalam kelas aja. Dengan mengikuti kegiatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), kamu bisa mengembangkan soft skills yang memang nggak kamu dapatkan secara formal di kelas.

Beberapa manfaat penting yang akan kamu dapatkan dengan mengikuti kegiatan UKM adalah:
  1. Melatih skill dan perkembangan hobi

Dengan mengikuti kegiatan organisasi, kamu bisa melatih skill kamu, mulai dari skill bersosialisasi dengan teman kampus, atau dengan orang di luar kampus. Misalnya kamu mengambil jurusan komputer atau punya hobi mengutak-atik komputer, maka kamu bisa mengikuti organisasi yang berlandaskan program atau komputer. Dengan begitu skill-mu akan terasah sekaligus hobimu juga bisa dijalani.

  1. Belajar berorganisasi

Pengalaman berorganisasi menjadi salah satu modal penting untuk masuk ke dunia kerja. Dengan mengikuti UKM, kamu bisa merasakan dinamika bekerja dalam tim. Biasanya, UKM memiliki struktur jabatan yang bisa diisi oleh semua anggota. Di sinilah kamu bisa belajar bertanggung jawab pada posisi/jabatan tertentu hingga pengalaman mengadakan suatu acara.

kegiatan ukm

  1. Menambah teman/koneksi

Bergabung di UKM akan memberi kamu kesempatan untuk memiliki banyak teman dari luar jurusan atau fakultas. Membangun jaringan/koneksi di masa kuliah itu penting, jadi manfaatkan UKM sebagai wadah untuk memperluas koneksi kamu. Kalau kamu udah lulus kuliah nanti, kamu bisa meminta bantuan mereka dalam mencari pekerjaan untukmu nantinya.

  1. Mengisi waktu luang

Menghabiskan waktu 4 tahun di kampus, pasti kamu akan merasa bosan kalau belajar dari buku terus. Salah satu cara untuk belajar dengan variasi lain adalah dengan mengikuti UKM. Selain isi kegiatannya positif, kamu bisa menggunakan waktu luangmu secara produktif.

Nah, jangan sampai kamu jadi mahasiswa kupu-kupu, alias kerjanya cuma kuliah pulang-kuliah pulang aja. Ikut aja kegiatan organisasi kampus. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan.

Tapi, jangan lupa juga, kamu harus bisa membagi waktu antara kuliah dan kegiatan UKM kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *