mutasi rekening

Buat kamu yang belum tahu, sekarang CICIL juga sudah menyediakan fasilitas Cicilan Uang Kuliah. Fasilitas ini ditujukan untuk kamu para mahasiswa atau calon mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam membayar uang kuliah, baik uang pangkal, maupun uang semester.

Untuk langkah-langkah menggunakan fasilitas Cicilan Uang Kuliah CICIL, kamu bisa membacanya dengan detail di artikel ini. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar fasilitas ini, kamu dapat klik di sini.

Salah satu data yang diperlukan dalam pengajuan fasilitas Cicilan Uang Kuliah adalah kamu perlu menyertakan informasi mutasi rekening/rekening koran (rekening)/buku tabungan kamu saat mengajukan cicilan.

Kamu dapat mengunduh informasi rekening melalui layanan internet banking atau dengan datang ke cabang bank kamu untuk meminta print buku tabungan kamu. Tapi, karena berbagai bank memiliki format penyajian yang berbeda, CICIL akan mencoba memberikan petunjuk bagaimana format rekening yang baik.

Pastikan format rekening yang kamu upload di akun profil kamu memiliki data-data yang diperlukan dan sudah tersedia, di antaranya adalah:
  1. Nama Pemilik Rekening
  2. Nomor Rekening
  3. Tanggal/Bulan Periode Rekening
  4. Nama Bank
  5. Tanggal Transaksi
  6. Uraian Transaksi
  7. Tipe Transaksi (debit atau credit)
  8. Nilai Transaksi
  9. Saldo Pengendapan
Selain informasi tersebut, kamu juga perlu memastikan bahwa rekening yang kamu lampirkan:
  1. Sudah lengkap (mutasi 3 bulan terakhir).
  2. Tidak ada transaksi yang terpotong/tidak jelas/hilang.
  3. Mudah dibaca, artinyarekening yang dilampirkan sebaiknya berwarna, tidak berukuran kecil dan di-scan lurus (tidak miring). Apabila difoto, pastikan keseluruhan data yang ada dapat dibaca dengan jelas.
Berikut adalah contoh foto buku tabungan yang baik sebagai data mutasi rekening:

mutasi rekening

Penting untuk kamu ingat, pastikan kamu menyertakan halaman pertama buku tabungan yang berisi informasi pemilik. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa setiap transaksi juga sudah tercatat di buku tabungan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *