organisasi kampus

Jadi mahasiswa baru tentu akan ada perasaan bingung untuk mengatur kegiatan kampus selain jadwal kuliah, seperti kegiatan organisasi. Mungkin banyak yang merasa enggan mengikuti organisasi kampus karena alasan merasa takut kalau nantinya urusan kuliah jadi terganggu dan terpecah konsentrasinya.

Padahal, mengikuti organisasi itu memberikan manfaat yang banyak banget untuk diri kita nantinya lho. Terutama saat lulus kuliah nanti. Memangnya manfaatnya apa aja sih?

Ini dia alasan penting buat kamu mengikuti organisasi kampus:
  1. Melatih kepemimpinan

Di organisasi, kamu akan bertemu dan bekerja sama dengan banyak orang, mulai dari teman sekampus sampai orang dari luar kampus. Kamu pun juga akan diberi tanggung jawab untuk memimpin sebuah kegiatan. Walaupun hanya kegiatan kecil, kamu pasti tetap dituntut untuk jadi pemimpin yang mampu mengarahkan kegiatan tersebut supaya nantinya berjalan lancar dan sukses.

organisasi kampus

  1. Melatih skill dan perkembangan hobimu

Dengan mengikuti kegiatan organisasi, kamu bisa melatih skill kamu, mulai dari skill bersosialisasi dengan teman kampus, atau dengan orang di luar kampus. Misalnya kamu mengambil jurusan komputer atau punya hobi mengutak-atik komputer, maka kamu bisa mengikuti organisasi yang berlandaskan program atau komputer. Dengan begitu skill-mu akan terasah sekaligus hobimu juga bisa dijalani.

  1. Memperluas koneksi

Karena bertemu banyak orang, maka kamu juga bisa menambah koneksimu juga. Apalagi kalau kamu ikut organisasi yang cukup besar, kamu akan dapat banyak teman yang bisa kamu minta bantuan. Kalau kamu udah lulus kuliah nanti, kamu bisa meminta bantuan mereka dalam mencari pekerjaan untukmu nantinya.

organisasi kampus

  1. Modal melamar pekerjaan

Mulai dari mengadakan seminar sampai melakukan diskusi terbuka, melakukan sosialisasi atau penggalangan dana, pengalaman-pengalaman tersebut nantinya bisa jadi modal kamu untuk melamar pekerjaan. Banyak perusahaan yang akan menanyakan kreativitasmu dalam organisasi saat kamu melamar pekerjaan nanti.

Nah, jangan jadi mahasiswa yang kerjanya cuma kuliah pulang-kuliah pulang aja ya, ikut aja kegiatan organisasi kampus. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan. Kamu akan bertemu banyak orang yang memberikan inspirasi, mengembangkan bakat, dan juga menambah pengalaman.

Tapi, jangan lupa juga, kamu harus bisa membagi waktu antara kuliah dan aktif dalam organisasi kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *