hemat traveling

Mumpung masih libur kuliah, manfaatkan aja dengan traveling dan bersenang-senang. Tapi jangan sampai keinginan kamu untuk bersenang-senang malah membuatmu jadi kalap dan nggak memperhitungkan isi kantongmu. Jangan sampai uang tabungan atau uang jajanmu habis begitu aja saat liburan.

Untuk menyiasatinya, ikuti aja tips-tips hemat traveling saat libur kuliah berikut ini:
  1. Rencanakan pembiayaan liburan

Kalau mau traveling, tentu kamu harus tahu detail pembiayaan yang harus kamu keluarkan. Mulai dari ongkos makan, tempat menginap, perjalanan, hingga biaya yang nggak terduga. Buatlah anggaran secara spesifik agar kamu tahu untuk apa aja uangmu nanti.

Perencanaan ini bakal membantumu untuk mengontrol pengeluaran kamu saat traveling. Jadi, kamu nggak akan mengeluarkan uang untuk membeli barang-barang yang nggak kamu perlukan.

hemat traveling

  1. Riset tentang lokasi traveling-mu

Sebelum memulai liburan, ada baiknya kamu melakukan riset tentang lokasi yang dituju. Mulai dari rute perjalanan, angkutan umum apa aja yang ada di sana, sampai lokasi-lokasi foto yang kece.

Dengan melakukan riset tersebut, kamu bisa menyusun rundown kegiatanmu selama traveling. Jadi, kamu dapat memaksimalkan waktu liburan yang ada dan mengurangi potensi pengeluaran budget yang berlebihan.

  1. Pilih penginapan homestay

Kalau budget-mu cukup besar, menyewa hotel memang jadi pilihan terbaik, tapi kalau kamu mau hemat, sebaiknya kamu pilih penginapan homestay.

Selain harganya lebih murah dibandingkan menginap di hotel, kamu jadi punya pengalaman unik selama menginap di penginapan homestay. Kamu jadi bisa lebih mengenal kebiasaan warga setempat, memahami tradisi masyarakat secara langsung, dan menikmati keindahan lingkungan yang ada.

hemat traveling

  1. Pilih tempat makan yang murah meriah

Untuk merasakan makanan khas dari lokasi traveling kamu, kamu nggak perlu memilih restoran mahal. Ada banyak warung makan yang menyediakan makanan khas daerah tujuanmu.

Tapi perhatikan juga hal-hal berikut: baiknya terjangkau dengan angkutan umum atau pastikan lokasinya memiliki tempat parkir, harganya bukan harga tembak (lebih mahal dari restoran ternama), dan pastikan lokasinya aman dari segala potensi tindak kejahatan.

  1. Suvenir liburan bukan prioritas

Saat traveling, pasti ada keinginan untuk membeli suvenir. Nggak ada salahnya kalau kamu mau beli, tapi jangan dijadikan prioritas, karena anggarannya bisa membuat uangmu cepat habis.

Ada baiknya kamu mengurangi daftar suvenir liburan, dan usahakan untuk membeli barang seperlunya. Kalau mau beli suvenir, carilah yang identik dengan lokasi traveling-mu, jangan beli barang yang sekiranya udah pasti ada di mana-mana ya.

Nah, itu dia beberapa tips hemat traveling saat libur kuliah. Semakin siap persiapanmu, pastinya liburan kamu juga akan jadi lebih menyenangkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *