kegiatan magang

Buat kamu yang sedang menjalani kegiatan magang, manfaatkan waktu magangmu sebaik-baiknya. Jangan biarkan kerja keras kamu sia-sia. Berikut ada beberapa tips agar kamu meninggalkan kesan yang nggak terlupakan pada masa-masa kegiatan magang kamu:

  1. Menjalin komunikasi yang baik

Setelah magang berakhir, kamu tetap harus berhubungan dengan orang-orang yang kamu temui saat magang untuk memaksimalkan pengalaman kamu. Bukan cuma atasan, tapi juga pada karyawan lainnya misalnya senior di divisi kamu, atau seseorang yang akrab denganmu di perusahaan tersebut.

Dapatkan email dan kontak mereka, atau terus berhubungan melalui media sosial. Kalau kamu tergabung dalam grup, tetaplah terhubung, karena mungkin akan ada peluang kerja untuk kamu.

kegiatan magang

  1. Sharing

Cobalah sesekali pergi ke luar makan bersama atasan dan rekan kerjamu. Di saat santai seperti itu, cobalah untuk sharing dengan atasan atau seniormu tentang pengalaman kamu bekerja dengan mereka dan kesan pesannya. Selain bisa belajar banyak dari mereka, kamu juga bisa tahu tentang diri kamu, termasuk keterampilan dan kelemahanmu.

  1. Mengobrol dengan atasan

Saat sharing, jangan cuma mencoba untuk mengetahui atau menceritakan hal seputar kamu aja. Cobalah untuk mengulik cerita keberhasilan mereka sampai seperti sekarang ini. Pastikan untuk bertanya tentang jalur karir. Dengan memperoleh pengalaman hidup mereka, bisa jadi ajang belajar tentang karir dan motivasi untuk kamu nantinya. Setelah sharing, tunjukkan rasa hormat kamu kepada mereka dan tunjukkan bahwa kamu menghargai masukan mereka.

  1. Refleksi diri

Setelah kegiatan magang udah kamu lewati, coba lihat lagi apa aja hal-hal yang udah kamu capai dan pelajari. Lalu, refleksikan lagi apa kamu menikmati lingkungan kerjamu? Apakah tempat kamu magang adalah gambaran tempat bekerja kamu di masa depan?

Magang akan memberikan pengalaman kerja dan menggambarkan kehidupan sehari-hari di lingkungan kerja. Tanyakan pada diri kamu sendiri tentang apa yang kamu sukai dan nggak sukai di perusahaan tersebut. Dari situ, kamu bisa melihat prospek pekerjaan kamu di masa depan.

kegiatan magang

  1. Buat daftar pencapaian saat magang

Setelah meluangkan waktu untuk refleksi diri dengan apa yang telah kamu lakukan selama magang atau apa yang kamu kurang sukai dari magang dan perusahaan tempat kamu magang, buatlah daftar proyek-proyek yang telah kamu selesaikan dan juga keterampilan khusus yang kamu kembangkan selama magang.

Selain membuat kamu lebih terampil, kamu juga bisa memperkuat resume kamu dengan memberikan contoh-contoh aktual. Hal ini bisa memberikan nilai plus saat wawancara kerja nanti.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui kalau kamu ingin meninggalkan kesan sebelum kegiatan magang kamu berakhir. Jangan sampai lupa untuk dipraktekkan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *