memperkenalkan diri

Di usia muda ini, yang namanya networking itu memang penting. Mengerjakan tugas kuliah, mengembangkan diri, sampai mencari pekerjaan akan lebih mudah kalau kamu punya network yang luas dan tepat. Tapi, terkadang menemukan cara yang nyaman untuk memperkenalkan diri ke orang lain itu terasa sulit dan mingle di sebuah acara itu lumayan berat.

Nah, berikut ada tips penting untuk memperkenalkan diri dan membuka obrolan untuk networking kamu:

memperkenalkan diri

  1. Cerita tentang bagaimana kamu bertemu dengan seseorang

Kalau kamu dikenalkan oleh teman kepada orang lain, kamu bisa memulai percakapan dengan orang baru ini dengan cara bercerita bagaimana kamu dan si teman pertama kali bertemu. Sebaliknya, kamu bisa menanyakan bagaimana mereka saling mengenal.

Sementara, kalau kamu sedang di acara tanpa orang yang kamu kenal sama sekali, kamu bisa membicarakan tema acara atau pembicara yang mengisi acara tersebut. Kenapa kamu menghadiri acara tersebut dan bagaimana acara tersebut berdampak buat kamu. Setelah itu kamu bisa berkenalan dan mendengarkan pendapat orang tersebut.

  1. Beri perhatian kepada hal yang penting bagi orang lain

Aktivitas networking yang baik juga bisa terbuka kalau kita menjadi pendengar yang baik bagi orang lain. Misalnya, kalau di kelas kamu melihat ada orang baru yang ingin kamu ajak kenalan sedang memperhatikan atau mencatat sesuatu, kamu bisa membuka obrolan singkat tentang sesuatu yang dia perhatikan. Setelah itu kamu bisa mulai mendiskusikan hal-hal penting terkait yang dia sukai dari kelas tersebut.

memperkenalkan diri

  1. Mengobrol tentang hal yang ingin kamu ketahui

Saat berkenalan dengan seseorang, jangan memaksakan diri untuk masuk ke obrolan yang nggak kamu ketahui. Jangan mencoba nimbrung dan sok memberi pendapat padahal kamu sendiri juga nggak paham dengan topiknya. Sebaiknya kamu jadi pendengar yang baik dulu, baru kemudian berikan pernyataan sesuai kapabilitas dan pengetahuan kamu. Dengan begitu, kamu pun akan dianggap sebagai orang yang mau membuka diri dan nggak sok tahu.

  1. Jangan langsung menghilang

Kebanyakan orang cuma memperkenalkan diri di sebuah acara, kemudian menghilang begitu aja. Jangan begitu ya, usahakan bertemu lagi dengan kenalan kamu sebelum acara bubar. Pamit, dan cobalah bertukar alamat email atau kontak lainnya sebelum pulang. Networking itu baru bisa dikatakan berhasil kalau kamu terus menjaga komunikasi, bukan cuma kenalan doang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *