menambah bobot cv

Dari banyaknya pilihan unit kegiatan mahasiswa (UKM), mungkin beberapa di antara kamu ada yang merasa kesulitan untuk memutuskan di klub atau kegiatan mana kamu harus bergabung.

Jangan sampai kebingungan dan nggak ikut kegiatan apa pun. Dengan mengikuti kegiatan mahasiswa akan membantumu untuk menemukan pekerjaan impianmu. Nah, beberapa kegiatan ini akan menambah bobot CV kamu untuk jalur karier apa pun:

menambah bobot cv

  1. Ikut klub yang berhubungan dengan jurusan

Cobalah cari kegiatan yang berhubungan dengan jurusanmu. Misalnya kalau jurusanmu adalah bidang jurnalistik, maka bergabunglah dengan lembaga pers kampus atau tv kampus, supaya rute untuk jenjang kariermu ke depan pun juga semakin jelas. Kegiatan ini pun juga bisa jadi wadah untuk mendalami bidang yang kamu pelajari.

  1. Ikut korps sukarela

Mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan kemanusiaan memang terlihat positif dari segi mana pun. Selain itu akan memberikan kesan bahwa kamu menggunakan waktu pribadimu untuk membantu orang lain. Kamu juga akan dinilai terbiasa melayani orang secara sukarela.

  1. Jadi ketua organisasi

Saat kamu diwawancara kerja nanti, pasti kamu akan mendapat nilai plus kalau kamu memiliki peran kepemimpinan di kampus. Keterampilan manajemen waktu, perencanaan yang baik, dan pengambilan keputusan akan tercermin dari pengalamanmu memimpin organisasi.

menambah bobot cv

  1. Ikut tim debat

Orang yang masuk di dalam tim debat dikenal memiliki pemikiran kritis dan keterampilan berbicara di depan umum yang bagus. Manfaat bergabung dalam tim debat adalah kamu dapat mengungkapkan ide-ide kompleks secara lisan, dan bukan hanya mengidentifikasi masalah, tapi kamu juga akan belajar untuk menyelesaikannya. Dengan begitu bobot CV kamu akan bertambah dan pewawancara bisa menilai cara berbicaramu yang tegas dan kritis.

  1. Jadi Student Ambassador CICIL

Dengan bergabung jadi Student Ambassador-nya CICIL, udah seperti kerja beneran. Kamu bisa merasakan pengalaman kerja di dunia startup. Dari kebiasaan kamu membagi waktu dan disiplin menyelesaikan semua tugas kamu selama jadi Student Ambassador, akan membuat kamu terbiasa saat lulus kuliah dan masuk dunia kerja nanti. Kamu juga bisa nambah pengalaman di CV kamu.

  1. Jadi tutor

Bukan cuma jurusan pendidikan, menjadi tutor juga bisa dilakukan oleh kamu yang memilih jurusan lain. Menjadi tutor menunjukkan bahwa kamu memiliki inisiatif dan telah melalui proses penyaringan yang ketat. Dengan menjadi tutor akan membuktikan bahwa kamu bersedia bekerja ekstra untuk membantu yang lain.

menambah bobot cv

  1. Berpartisipasi dalam koran sekolah

Selain mengasah keterampilan menulis, kamu juga akan belajar mengedit dan berpikir kritis. Kamu juga akan terlatih untuk mengerjakan sesuatu di bawah deadline yang ketat, yang biasanya merupakan standar di tempat kerja.

Itulah beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk menambah bobot CV kamu. Yuk, manfaatkan waktu kuliahmu sebaik mungkin agar bermanfaat di saat kerja nanti!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *