teman

Sekarang enak banget udah ada CICIL. Mahasiswa yang tadinya harus menabung berbulan-bulan demi laptop untuk kuliah, sekarang bisa langsung dapat laptop lebih cepat dengan cara mencicil tanpa kartu kredit.

Tinggal daftar dan copy-paste link produk yang kamu inginkan, kamu bisa mulai cicilan kamu. Tapi ingat, jangan pernah memberikan data akun kamu ke orang lain. Kalau ada temanmu yang ingin menggunakan datamu untuk mencicil di CICIL, sebaiknya kamu tolak aja. Walaupun niatnya membantu, tapi hal tersebut bisa berimbas ke kamu lho. Kok bisa?

Kalau teman kamu menggunakan akun dan data kamu, maka hal tersebut bisa berpengaruh ke credit scoring/history kamu. Dalam dunia perbankan, credit scoring adalah sistem yang digunakan oleh bank atau lembaga pembiayaan lainnya yang berguna untuk menentukan apakah seseorang layak atau tidak mendapatkan pinjaman/cicilan. Sedangkan credit history adalah catatan lancar atau tidaknya pembayaran cicilan kamu.

teman

Karena CICIL sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), maka CICIL wajib memberikan laporan mengenai aktivitas pembiayaan CICIL termasuk data dari para pengguna CICIL. Laporan ini merupakan salah satu peraturan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia (Peraturan Bank Indonesia atau disingkat PBI). Peraturan ini diterbitkan untuk mengatur prinsip-prinsip kehati-hatian yang wajib dilaksanakan oleh perusahaan nonbank.

Tiap laporan tersebut menjadi bagian dari BI Checking,  yaitu Informasi Debitur Individual (IDI). Apabila temanmu menggunakan akun dan datamu, yang mana hal itu dilarang untuk dilakukan, maka CICIL juga perlu melaporkan hal tersebut sebagai bagian dari BI Checking. Kalau pihak Bank Indonesia sudah memiliki catatan mengenai pelanggaran yang telah kamu dan temanmu lakukan tersebut, maka histori dan nilai kreditmu pun juga akan tercoreng.

Hal tersebut akan berpengaruh terhadap pengajuan kredit lainnya yang akan kamu lakukan di masa depan nanti, seperti kredit mobil, atau kredit rumah. Bisa-bisa kamu jadi mengalami kendala dan kesulitan untuk mengajukan kredit berikutnya.

teman

“Lho, yang kena kenapa bukan teman saya, kan dia yang pinjam akun dan data saya?”. Hal itu karena data laporan yang tercatat adalah data profil kamu, bukan teman kamu. Karena itu CICIL juga membutuhkan nomor KTP kamu untuk pencatatan dan untuk memastikan bahwa akun kamu di CICIL memang benar digunakan oleh kamu dan untuk kebutuhan kamu sendiri.

Pastinya kamu nggak mau kan credit scoring/history kamu jadi dinilai negatif, yang menyebabkan pengajuan orderan kamu di CICIL yang berikutnya ditolak dan bahkan berpengaruh terhadap pengajuan kredit kamu ke depannya. Lebih baik kamu nggak meminjamkan akun kamu ataupun memberikan data kamu kepada teman kamu yang ingin mencicil di CICIL. Daripada kamu rugi di masa depan nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *