jenis e-commerce

Sekarang ini, e-commerce memang mengalami kemajuan yang pesat dan udah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. E-commerce sendiri adalah suatu bentuk usaha yang melakukan proses jual beli barang secara real dengan cara elektronik. Biasanya, platform yang digunakan dalam melakukan bisnis ini adalah website dan media sosial.

Di Indonesia, ada 5 jenis e-commerce yang sering digunakan, yaitu:

1. E-commerce market

Jenis e-commerce ini bertujuan untuk menjembatani konsumen dengan seller. Ketika seller atau produsen bergabung di e-commerce ini, mereka dapat mengiklankan produknya di lapak yang disediakan. Selain itu, mereka nggak perlu berhubungan dengan konsumen langsung, karena semuanya akan ditangani oleh e-commerce tersebut.

E-commerce ini juga akan menjembatani transaksi antara seller dengan konsumen, jadi proses jual belinya dirasa lebih aman. Salah satu e-commerce jenis ini di Indonesia adalah Tokopedia.

jenis e-commerce

2. E-commerce pengiklanan

Jenis e-commerce ini memanfaatkan dan mempertemukan produsen dengan konsumen. E-commerce ini akan merekrut seller atau produsen sebanyak mungkin, kemudian akan memasang iklan di berbagai media yang potensial untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya. Bisnis dengan cara ini termasuk yang paling mudah, karena yang perlu dipersiapkan hanyalah sebuah lapak berjualan.

Salah satu e-commerce jenis ini di Indonesia adalah OLX.

3. E-commerce online shop

Sesuai namanya, e-commerce jenis ini menggunakan konsep jual beli yang hanya dilakukan secara online. Artinya, seller atau pemilik website adalah pihak e-commerce yang secara langsung melakukan penjualan di website miliknya. Mereka nggak melakukan pengiklanan dari produk lain. Salah satu e-commerce jenis ini di Indonesia adalah Lazada.

jenis e-commerce

4. E-commerce media sosial

E-commerce jenis ini adalah perusahaan yang memanfaatkan keberadaan e-commerce untuk memperluas jaringannya. Beberapa di antaranya yang hingga kini masih mengakomodasi adanya e-commerce adalah Facebook, Twitter, dan Instagram.

5. E-commerce shopping mall

E-commerce shopping mall biasanya memanfaatkan teknik pengiklanan dan juga sebagai jembatan antara seller dengan konsumen. Secara konsep memang mirip dengan marketplace, yang membedakannya adalah merk yang bisa masuk ke dalam e-commerce ini. Biasanya hanya merk-merk populer yang bisa melakukan pengiklanan di e-commerce ini.

Itu dia beberapa jenis e-commerce yang ada. Kalau kamu lebih sering belanja di yang mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *