biaya tambahan

Jadi mahasiswa tingkat akhir berarti kamu tinggal selangkah lagi memasuki dunia kerja. Untuk mencapai goal tersebut, kamu perlu menyiapkan beberapa biaya tambahan yang nantinya bakal kamu keluarkan.

Mau tahu biaya apa aja yang perlu kamu keluarkan? Ini dia 5 biaya tambahan yang harus kamu siapkan:

1. Beli buku

biaya tambahan

Dalam mengerjakan skripsi atau tugas akhir pastinya kamu butuh beberapa macam buku yang bakal kamu gunakan sebagai sumber sekaligus dasar untuk skripsi atau tugas akhirmu tersebut.

Harga buku yang dibutuhkan tersebut pasti bervariasi. Untuk satu buah buku original biasanya menghabiskan biaya hingga ratusan ribu rupiah. Nah biar nggak tekor, mendingan kamu manfaatkan teknologi yang ada yaitu menggunakan ebook yang bisa kamu download secara gratis atau dengan harga yang masih terjangkau. Solusi lainnya adalah kamu bisa pinjam buku dari perpustakaan atau dari senior, kemudian kamu fotocopy, atau cari buku bekas.

2. Uang semester

biaya tambahan

Sebagai mahasiswa yang terdaftar dalam perguruan tinggi, tentu kamu harus membayar uang semester selama kamu masih berada di perguruan tinggi. Karena itu, sebaiknya kamu nggak menunda dalam menyelesaikan skripsi atau tugas akhirmu, selain supaya kamu nggak menghabiskan waktu, kamu juga nggak perlu membayar biaya semester tambahan lagi.

3. Biaya penelitian

biaya tambahan

Kalau skripsi atau tugas akhirmu membutuhkan beberapa penelitian atau riset, kamu perlu mengeluarkan sebagian uang yang kamu miliki untuk mendukung skripsi atau tugas akhirmu tersebut. Biayanya pun bervariasi tergantung dari penelitian apa yang kamu lakukan.

4. Biaya print skripsi atau tugas akhir

biaya tambahan

Salah satu syarat kelulusan adalah skripsi atau tugas akhir. Dalam mengerjakannya, bukan cuma waktu dan energi yang terkuras, tapi ternyata keuanganmu juga bakal terkuras. Karena kamu perlu bimbingan dosen terkait laporan skripsi atau tugas akhirmu, dan biasanya banyak revisi yang dilakukan sehingga perlu kamu print berkali-kali.

Total biaya yang dihabiskan bisa mencapai ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah kalau kamu mencetaknya di rental komputer atau jasa print. Untuk solusinya, kamu bisa membeli printer, kertas, dan tinta sendiri untuk menghemat pengeluaran yang ada. Salah satu yang bisa kamu coba adalah printer mutifungsi dari Epson.

5. Biaya wisuda

biaya tambahan

Walau udah dinyatakan lulus, kamu masih perlu mengeluarkan uang lebih lagi, yaitu untuk membayar biaya wisuda. Tentunya kamu ingin menjadi bagian dari hari spesial tersebut dan menggunakan toga bersama teman-temanmu kan? Karena itu, kamu perlu menyiapkan biaya wisuda sebagai pengeluaran terakhir dalam masa kuliahmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *