tabungan investasi

Apa sih tabungan investasi itu? Tabungan investasi adalah jenis tabungan yang mirip dengan tabungan berjangka. Yang termasuk jenis tabungan ini antara lain adalah tabungan deposito, tabungan rencana,  tabungan saham, dan tabungan mata uang asing.

Ingin coba memiliki tabungan investasi? Simak dulu jenis-jenisnya di sini:

1. Tabungan Deposito

tabungan investasi

Tabungan deposito bunganya lebih besar dibandingkan tabungan konvensional. Tapi, kamu nggak bisa semaunya mengambil dana yang disimpan sebagai deposito.

Sebelum menabung deposito, kamu akan diberikan pilihan: apakah kamu akan menyimpan dana itu dalam 1, 3, 6, atau 12 bulan. Kalau kamu pilih 12 bulan, artinya selama jangka waktu itu dana yang tersimpan nggak boleh diutak-atik oleh kamu sebagai nasabah. Kalau kamu maksa menarik dana deposito sebelum jatuh tempo, kamu akan dikenakan denda.

Tabungan ini cocok untuk kamu yang punya kesulitan menabung dan cenderung impulsif dalam berbelanja. Tabunga ini bisa menahan semua uangmu hinga waktu yang tepat untuk dikeluarkan.

2. Tabungan Rencana

tabungan investasi

Tabungan ini mirip dengan tabungan deposito, tapi dilengkapi dengan fasilitas tambahan. Salah satu syarat membuka tabungan rencana adalah kamu harus memiliki tabungan konvensional atau induk pada bank yang bersangkutan.

Dana tabungan rencana itu akan diambil secara otomatis per bulannya dari tabungan induk tersebut. Dengan begitu, kamu nggak perlu lagi mentransfer uang ke rekening tabungan rencana setiap bulan.

Tabungan ini cocok untuk kamu yang punya rencana spesifik, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Nggak cuma untuk beli barang kebutuhan kuliah kamu, kamu juga bisa menggunakan tabungan ini untuk rencana studi kamu.

3. Tabungan Saham

tabungan investasi

Tabungan ini dikhususkan untuk membeli saham secara rutin, dan juga menyimpan laba hasil transaksi saham. Belum semua bank memiliki tabungan saham.

Tabungan ini cocok untuk kamu yang berani mengambil resiko demi mencoba pengalam baru. Walau kamu orang yang berani, tapi harus tetap cari tahu seputar saham terlebih dulu ya.

4. Tabungan Mata Uang Asing

Orang yang menabung mata uang asing biasanya sering bertransaksi dengan menggunakan mata uang tersebut, atau sengaja melakukan investasi mata uang asing. Investasi mata uang asing memanfaatkan naik-turunnya kurs mata uang dalam negeri.

Misalnya, saat nilai tukar rupiah sedang anjlok terhadap dollar Amerika, maka itu saatnya untuk menjual dollar.  Sebaliknya, kalau rupiah sedang naik, dollar dibeli dan disimpan di tabungan.

Tabungan ini cocok untuk kamu yang gemar traveling saat liburan semester, terutama ke luar negeri.

Nah, setelah mengetahui tentang tabungan investasi, kira-kira tabungan mana nih yang mau kamu pilih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *