tidak sesuai

Sahabat CICIL, pastinya kamu tahu cara menggunakan fasilitas CICIL kan? Ya, tinggal pilih produk yang kamu inginkan dari merchant di e-commerce, kemudian copy link produknya dan paste ke halaman depan CICIL. Setelah itu tentukan jangka waktu dan besar cicilan yang kamu inginkan, dan selanjutnya tinggal tunggu barangnya dikirim deh.

Tapi, kalau ternyata produk yang sampai di tanganmu tidak sesuai dengan yang kamu inginkan, gimana ya? Ada beberapa hal penting yang harus kamu ketahui terkait itu:

tidak sesuai

1. Kalau kamu memesan barang dengan fasilitas pembiayaan CICIL, kamu harus melakukan komplain dengan mengirim email ke petugas CICIL yang melakukan pemesanan barang tersebut dilengkapi dengan foto produkmu yg menunjukkan bagian yg rusak/cacat/tidak sesuai deskripsi dari link produk yang kamu beli. Ingat, perlu diperhatikan juga bahwa dalam hal ini CICIL hanya berperan untuk membantu komunikasi antara kamu sebagai customer dengan e-commerce.

catantan: Kalau merchant menyuruh kamu untuk melakukan komplain langsung kepada merchant tersebut, sebaiknya kamu tolak. Kenapa? Karena pihak CICIL dan e-commerce jadi tidak mengetahui kendala yang kamu alami dan tidak dapat membantu kamu dengan segera.

Jangan pernah mengirimkan langsung barang yang kamu pesan ke merchant tersebut tanpa melalui proses komplain kepada e-commerce melalui CICIL. Hal ini akan beresiko barang tersebut tidak akan dikembalikan oleh merchant.

2. Dengan melakukan komplain kepada e-commerce melalui CICIL, maka pencairan dana ke merchant akan ditahan oleh pihak e-commerce. Setelah itu, kamu akan dihubungi oleh tim CICIL untuk mengirimkan barang tersebut menggunakan JNE/JNT. Sebagai bukti, kamu juga perlu mengirimkan nomor resi ke CICIL sebelum batas waktu berakhir.

Tim CICIL akan mengirimkan resi tersebut ke media komplain e-commerce. Setelah barang diterima merchant, maka merchant akan mengirimkan barang pengganti, atau melakukan pengembalian dana ke dompet e-commerce CICIL.

3. Kamu perlu melakukan komplain dalam batas waktu maksimum 1×24 jam sejak barang diterima. Kalau kamu merasa barang yang kamu terima bermasalah, misalnya cacat atau tidak sesuai deskripsi, kamu perlu melakukan komplain dengan cara mengirim email ke petugas CICIL yang melakukan pemesanan barang tersebut.

Ingat, komplain karena kesalahan pemesanan dari kamu sendiri (salah memilih ukuran, spec, atau warna) tidak dapat dilakukan ya. Simak artikel ini terkait hal tersebut.

tidak sesuai

4. Sebelum mengkonfirmasi bahwa barang udah kamu terima, sebaiknya kamu melakukan double check terlebih dulu. Kamu perlu melakukan pengecekan untuk ukuran, harga, warna, kualitas serta kuantitas produk. Pastikan memang sesuai dengan yang kamu pesan. Kalau kamu keburu melakukan konfirmasi tanpa mengecek barangnya dulu, maka dana akan dicairkan kepada merchant, sehingga kamu tidak bisa melakukan komplain lagi.

Kamu perlu hati-hati juga dengan modus merchant yang memaksa kamu untuk segera melakukan konfirmasi penerimaan barang. Kenapa? Karena dengan begitu mereka dapat segera menerima pencairan dana dari e-commerce, sehingga mereka tidak perlu bertanggung jawab atas komplainmu.

Ingat, kalau barang yang kamu terima tidak sesuai, jangan sampai kamu telat dan melakukan kesalahan dalam melakukan komplain ya, karena bisa-bisa hal tersebut malah merugikan kamu sendiri. Kamu perlu teliti juga sebelum memesan barang ya.

Comments

        1. Hai Daffa, mengenai kartu garansi itu tergantung dari merchant yang kamu pilih, apakah tokonya memang memberikan garansi resmi, atau garansi toko.

  1. Maaf mau nanya kk, klo setelah mengirimkan uang muka apakah harus langsung mengirimkan cicilab awal atau di bulan selanjutnya… tolong informasinya kk… terima kasih

    1. Hai Made, setelah melakukan pembayaran uang muka (DP), kamu dapat melakukan pembayaran cicilan pertama kamu di bulan selanjutnya.

    1. Hai Maslikah, mengenai kartu garansi itu tergantung dari merchant yang kamu pilih, kamu bisa menghubungi merchant yang bersangkutan secara langsung.

  2. Terimakasih cicil respond cepat pengiriman cepat proses cepat, ga sia” paket cicil.id semoga kedepannya lebih mantap dan sukses

    1. Hai Maualana, terima kasih sudah menggunakan layanan CICIL ya. Kamu dapat menghubungi merchant yang bersangkutan mengenai bonus yang kamu sebutkan. Terima kasih.

  3. Barang sudah sampai dengan selamat, meskipun sampenya malam. Terima Kasih cicil buat jasa nya.

  4. Terima kasih Cicil barangnya sudah sampai dan sudah saya terima. Barangnya bagus dan sesuai.

    1. Hai, kami masih berusaha untuk memperluas layanan aplikasi kami. Kampus akan ditambahkan apabila layanan kami sudah masuk ke dalam kampus tersebut.

  5. Hai Cicil,
    Maaf baru kasih kabar. Alhamdulillah product aku sudah nyempek dg selamat tgl 20 Agustus 2018 krg lbih jam 13.00 wib. Product bagus banget puas pakai cicil. Semoga bisa kasih bantuan untuk usaha ya cicil. Terimakasih cicil atas bantuannya. Sukses dan makin jaya cicil

  6. Jumat ketemu student ambass, dan ttd perjanjian. Setelah itu langsung bayar DP CICIL. Sabtu pesanan sudah datang, dan sesuai keinginan. Pelayanan CICIL sangat cepat dan memuaskan. Terima kasih banyak CICIL.

  7. Barang pesanan sudah sampai, namun pada bagian punggung laptop terdapat goresan/lecet. Terima kasih sebelumnya🙏🙂

  8. Hai kak, barang sudah sampai.
    Alhamdulillah sesuai keinginan dan pesanan.
    Terimakasih juga pelayanannya mantap 👍👍👍

  9. Barang sudah sampai dengan selamat, sesuai dengan pesanan. ~(^з^)-♡
    Terima kasih cicil.co.id yang udah membantu mahasiswa. (´з`)♡

  10. Barangnya sudah saya terima dan sesuai dengan pesanan.
    terima kasih Tim Cicil dan semoga makin sukses terus kedepannya..
    salam…

  11. Kak barangnya sudah saya terima hari ini kak
    Tapi barangnya tidak sesuai yang saya order kak
    Saya order warnanya Silver, yang datang warna Gold kak
    Trus kalau ngerekam video pake kamera depan suaranya ngga keluar kak, kamera belakangnya normal” aja kak
    Gimana tanggapan selanjutnya kak ??
    Terima kasih sebelumnya kak 😁

    1. Hai Ridho, mengenai hal tersebut mohon hubungi merchant yang bersangkutan secara langsung, karena dalam hal ini CICIL hanya berperan untuk membantu komunikasi antara kamu sebagai customer dengan merchant dan tidak bertanggung jawab atas kondisi barang setelah sampai di tangan kamu.

    1. Hai Ishak, mengenai hal tersebut mohon hubungi merchant yang bersangkutan secara langsung, karena dalam hal ini CICIL hanya berperan untuk membantu komunikasi antara kamu sebagai customer dengan merchant dan tidak bertanggung jawab atas kondisi barang setelah sampai di tangan kamu.

  12. barang sudah sampai tujuan, produk diterima dengan kondisi bagus dan sudah dicoba berfungsi dengan baik, hasil memuaskan. Terima Kasih CICIL.

    1. Hai Ulil, mengenai hal tersebut mohon hubungi merchant yang bersangkutan secara langsung, karena dalam hal ini CICIL hanya berperan untuk membantu komunikasi antara kamu sebagai customer dengan merchant.