baik dan buruknya

Membangun dan menjalankan bisnis bersama teman memang udah banyak dilakukan oleh para entrepreneur. Ada berbagai alasan seseorang memutuskan untuk berbisnis dengan temannya, salah satunya adalah karena hubungan yang udah lama terjadi sehingga udah saling kenal dekat.

Membangun bisnis bersama teman memang enak karena sama-sama memiliki visi dan misi yang sama, ketertarikan dan kepentingan yang sama, dan tentunya ada kecocokan. Tapi, bukan berarti dalam membangun bisnis bersama teman kamu akan merasakan sisi positif dan baiknya terus-terusan, pasti ada masa-masanya kamu mengalami hal yang nggak diinginkan saat menjalankannya.

Ini dia baik dan buruknya membangun bisnis bersama teman:

Nilai plus

baik dan buruknya

  • Teman adalah sosok yang dekat, yang sepikir dan sehati, jadi passion dan flow of work bisa langsung nyambung.
  • Masalah modal dapat teratasi dengan lebih mudah dibandingkan berbisnis dengan orang atau investor yang baru dikenal. Kamu dapat saling membantu untuk mengumpulkan modal.
  • Udah tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing, karena udah saling kenal dan saling mempercayai. Jadi bisa memanfaatkan kelebihan yang dimiliki dan saling menutupi kekurangan masing-masing.
  • Tahu karakter dan kebiasaan masing-masing, berbeda dengan berbisnis bersama orang atau investor baru. Pasti butuh waktu dan proses untuk mengenal profil dirinya.

Nilai minus

baik dan buruknya

  • Karena mitra bisnis adalah teman sendiri, pasti ada perasaan jengah atau sungkan buat menegur teman saat mereka melakukan kesalahan.
  • Saat terjadi salah paham atau perbedaan pendapat di tengah jalan, bisa-bisa hubungan pertemanan terancam. Bahkan bisa sampai bawa-bawa masalah pribadi, dan bawa ego masing-masing sehingga nggak ada yang mau mengalah.
  • Jadi ‘menggampangkan’ jika salah satu melakukan kesalahan. Padahal siapa tahu kesalahan tersebut bisa berakibat fatal terhadap bisnis kalian.
  • Nggak membedakan waktu bekerja dan waktu ‘bermain’, yang ada waktu produktif yang berharga malah terbuang karena kebanyakan mengobrol atau bercanda dengan teman.

Membangun usaha dengan teman memang ide yang menarik dan sayang untuk dibiarkan begitu aja. Kedekatan di antara kalian pasti menambah kenyamanan bekerja. Setelah tahu baik dan buruknya, jangan lupakan profesionalisme kalian dan pertimbangkan banyak hal sebaik mungkin ya. Dengan begitu, bisnis lancar, pertemanan pun aman.

Comments

  1. saya pribadi gak recom startup dengan teman karena lebih banyak gak seriusnya. apalagi kalo ‘otak’ bisnisnya cuma satu, yang lain cuma jadi follower aja. lama-lama bakal kerasa deh, gak ada bedanya. itu sama aja bikin startup sendiri, cuma temen sendiri jadi employee nya yang secara ga langsung bikin tambah sungkan pas decision-making-__-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *