memasukkan link

Halo, sahabat CICIL! Kamu pastinya tahu kan cara menggunakan fasilitas CICIL? Ya, untuk menggunakannya, kamu harus memilih produk yang ingin kamu cicil dari e-commerce lokal pilihan kamu, kemudian kamu perlu memasukkan link (URL) dari produk tersebut di halaman depan CICIL.

Tapi, supaya nggak terjadi resiko yang nggak diinginkan, kamu harus tetap memperhatikan beberapa hal penting, salah satunya adalah dengan teliti bahwa link yang kamu berikan benar-benar sesuai dengan produk yang kamu inginkan. Misalnya warna dan ukuran produk, jangan sampai kamu memasukkan link produk dengan keterangan warna atau ukuran produk yang berbeda dengan yang kamu inginkan.

Misalnya kamu ingin membeli smartphone, dan kamu ingin smartphone tersebut berwarna hitam, maka carilah penjual atau toko yang menyediakan warna hitam untuk smartphone tersebut. Begitu juga dengan ukuran produk, misalnya kamu ingin membeli sepatu berukuran 39, maka cari penjual yang menyediakan produk sepatu dengan ukuran tersebut. Setelah kamu menemukan penjual yang menyediakan produk dengan rincian dan spec yang kamu inginkan, baru kamu copy dan paste link-nya ke halaman CICIL.

Untuk melihat ketersediaan ukuran oleh pelapak biasanya dijelaskan di bagian deskripsi produk yang berada di informasi atau keterangan produk. Begitu juga dengan ketersediaan warna oleh penjual. Contohnya seperti di gambar berikut:

memasukkan link

Terkadang ada juga penjual yang udah menjelaskan bahwa apabila kamu memesan produk dengan warna yang berbeda dengan yang udah ready, atau apabila kamu nggak mengkonfirmasi warna terlebih dulu, maka produk akan dikirimkan dengan pilihan warna yang random oleh penjual. Jadi kalau mau lebih pasti lagi, ada baiknya juga kamu memastikan ke penjual mengenai warna atau ukuran yang ready di situ.

Jangan sampai kamu udah keburu memasukkan link produk dengan spec warna atau ukuran berbeda dari yang kamu inginkan, karena pasti produk yang dikirimkan oleh penjual adalah produk yang ada di dalam link tersebut. Kalau kamu udah keburu memasukkan link produk yang salah, maka ada 3 opsi yang bisa kamu pilih:

1. Tetap melanjutkan proses order dengan warna yang ready (warna yang ada di dalam link produk).

2. Mencari produk alternatif dari penjual lainnya dengan kisaran harga yang sama (harga harus sama atau lebih murah ya), dan kemudian berikan dengan cara balas email yang dikirimkan oleh tim CICIL.

3. Memilih untuk cancel. Tim CICIL akan memberikan form refund untuk mengembalikan uang mukamu 100% tanpa dikenakan biaya apapun.

Selain teliti dengan spec produk yang disediakan penjual, kamu juga perlu memperhatikan bahwa penjual atau toko tersebut dapat dipercaya. Salah satu caranya adalah dengan melihat tingkat reputasi yang dimiliki penjual tersebut. Adapun salah satu contoh tingkat reputasi adalah seperti yang ada di Tokopedia pada gambar berikut:

memasukkan link

Reputasi penjual atau toko dapat kamu lihat di informasi penjual yang berada di halaman produk (gambar 1), atau di halaman profil penjual (gambar 2).

memasukkan link

Gambar 1

memasukkan link

Gambar 2

Kalau mau proses pemesanan produk impian kamu berjalan dengan cepat, yuk, biasakan teliti dan cermati sebelum membeli produk secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *