Mungkin di antara kamu ada yang memilih untuk menikmati masa liburan kuliahmu di rumah atau ke luar kota saat libur semester. Tapi, hal itu beda dengan Arnold Ardianto.

Arnold Ardianto, atau yang biasa dipanggil Arnold adalah salah satu intern (pegawai magang) di CICIL, tepatnya berperan sebagai Back End Developer. Arnold memutuskan untuk magang di CICIL atas inisiatifnya sendiri, “daripada liburan nggak ngapa-ngapain” katanya.

back end developer

Arnold adalah mahasiswa Universitas Bina Nusantara jurusan Teknik Informatika (TI) Binus angkatan 2016-2020, yang udah magang di CICIL sejak 11 Juli 2017. Kira-kira pengalaman apa aja ya yang didapat Arnold selama magang di CICIL? Yuk, langsung simak di interview berikut ini:

Yang memutuskan kamu untuk magang di CICIL tuh apa sih?

Pingin cari pengalaman sekaligus penghasilan sih. Waktu itu nanya ke senior alumni yang kerja di CICIL, ada lowongan magang apa nggak. Terus coba kirim email, nah akhirnya diterima dan jadi intern Back End Developer deh di CICIL. Lumayan buat ngabisin waktu liburan.

Yang kamu pelajari selama magang di CICIL apa aja nih?

Wah banyak banget. Mulai dari segi technical skill, jadi Back End Developer di CICIL aku banyak belajar tentang istilah-istilah developer kayak software, konsep-konsepnya, yang belum diajarin di kampus. Terus belajar bahasa programming juga, kalau di kampus biasanya C++, di CICIL pakainya Go.

Selain itu juga belajar soal workteam, dimana aku bisa belajar cara berkoordinasi dengan team member, terus belajar tentang sistem kerja, dimana team dev rutin melakukan sprint 2 minggu sekali. Di situ aku bisa belajar tentang sistem kerja perusahaan yang terstruktur tuh kayak gimana.

Kalau dari segi non-teknis, aku belajar kalau di sini tuh benar-benar kekeluargaan banget. Aku benar-benar dibimbing, kalau aku salah tuh bukan cuma disalahin, tapi dikasih tahu cara yang benar, terus diarahin dan diajarin sampai benar. Benar-benar dibimbing yang membangun kalau di sini. Selain itu di sini juga orang-orangnya saling support, suasananya juga enak buat kerja.

back end developer

Nah, terus ini kan hari terakhir kamu magang di CICIL, kesan dan pesan kamu apa nih buat CICIL?

Wah, kalau untuk kesan, yang pertama, aku betah kerja di sini. Waktu kerjanya yang fleksibel bikin kerjaan nggak terasa berat, karena imbang sama suasananya yang nyaman dan santai. Jadinya kerja di sini tuh nggak mengikat, tapi lebih memotivasi buat nambah ilmu dan mengembangkan diri.

Yang kedua, kerja di CICIL udah kayak di rumah sendiri, orang-orangnya semua welcome banget. Semua saling bantu dan nggak ada ‘sikut-sikutan’. Suasana kekeluargaan benar-benar terasa di sini.

Kalau untuk pesan, CICIL bertujuan untuk membantu mahasiswa mendapatkan produk impiannya kan, mungkin bisa lebih ‘dikencengin’ dan diperluas lagi promosinya. Karena masih banyak mahasiswa yang belum tahu soal CICIL, kayak temen-temenku, tapi begitu dijelasin tentang CICIL, mereka banyak yang tertarik. Aku yakin mahasiswa sebenarnya pasti banyak yang tertarik menggunakan layanan CICIL.

Terus aku pingin selalu keep in touch sama pegawai lainnya, jangan sampai lost contact. Baiknya kita selalu menjaga kekeluargaan CICIL.

Terima kasih ya, Arnold. Kalau melihat motivasinya, Arnold ini mahasiswa aktif yang bisa jadi inspirasi lho. Nah, bagaimana dengan kamu? Ingin seperti Arnold dan mendapatkan pengalaman dengan magang di perusahaan startup? Gabung aja di CICIL dengan cara klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *