Selain menjadi mahasiswa teladan yang aktif berkuliah, pastinya mahasiswa UPI juga memiliki berbagai kegiatan mendukung yang gak kalah seru dan asyik banget untuk merefleksikan otak setelah jam belajar di kelas. Yup! Salah satu caranya yakni dengan mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa atau yang biasa disingkat menjadi UKM.

UKM yang ada di kampus perjuangan Universitas Pendidikan Indonesia yang terletak di Jalan Setiabudhi No. 229 Bandung ini terdapat sekitar 60 UKM loooh! Wow! Seluruh UKM yang ada di lingkungan UPI dikelompokkan pada enam kelompok besar yang diantaranya yakni Bidang Penalaran, Bidang Keagamaan, Bidang Minat Khusus, Bidang Olahraga Permainan, Bidang Seni dan Budaya, dan Bidang Olahraga Bela Diri.

Jika dikelompokkan pada minat khusus, UKM di UPI memiliki UKM Menwa atau Resimen Mahasiswa yang dimana jika kalian mengikuti UKM ini akan dilatih untuk memiliki keahlian khusus dalam Korim Moloter dan Marching Band loh! Keren banget!

Kemudian, ada Eska Radio. UKM ini merupakan UKM yang meliputi penyiaran pada frekuensi 107.7 FM setiap hari Senin sampai Jumat, loh! Unit radio mahasiswa UPI ini juga memiliki beberapa program seperti Eskapucino Kuliner yang membahas mengenai kuliner, ICHIKIBERS yang membahas musik dangdut beserta gosip-gosipnya, Inbox Top Request, dan masih banyaaak lagi. Kalau kalian dengerin Eska, dijamin bakal membuat penat mikirin beban tentang tugas akan hilang dengan seketika! Apalagi ditemenin sama penyiar-penyair nan kece? Hahahaha.

Selain itu juga masih ada beberapa UKM minat khusus seperti Mahacita (Pecinta Alam), Kompor UPI (Komunitas Mahasiswa Penggemar Otomasi dan Robotika), Kopma (Badan Usaha) dan masih banyak lagi UKM minat khusus yang kece-kece untuk membuat harimu terasa menyenangkan selain berkuliah!

Lalu pada minat seni dan budaya, terdapat UKM Asas (Arena Studi Apresiasi Sastra) yang bergerak dalam bidang kesusasteraan dan memiliki kegiatan hariannya yakni “Reboan” yang dilakukan setiap hari Rabu dengan berdiskusi terkait isu atau kekaryaan. Kegiatan lainnya yang dilakukan yakni launching buku dan masih banyak lagi looh. Jadi, mana nih pecinta sastra yang mau gabung?!

 

Setelah itu ada pula UKM Teater Lakon yang bergerak pada bidang teater dan rutin menggelar pagelaran pada tiap bulannya. Keren~~~ 

Dan beberapa UKM dari bidang seni budaya seperi KABUMI (Kaluarga Bumi Siliwangi), Performa (Fotografi), PSM (Paduan Suara Mahasiswa), Studio 229 (Seni Rupa) dan Satu Layar akan membuat hari-hari di kampus terasa lebih menyenangkan jika kalian ikut berkecimpung di dalamnya.  Lalu ada pula bidang keagamaan, seperti: Kalam (Kajian Islam) yang mengkaji mengenai Islam, Baqi (Belajar Al-Quran), dan masih banyak lagi UKM keagamaan yang akan mententramkan hati dan batin.

Selain dapat mententramkan hati dan melupakan penat, ada juga UKM yang dapat membuat tubuhmu menjadi sehat seperti UKM Futsal yang rutin latihan di Gymnasium UPI. Lalu juga ada UKM Softball/Baseball yang keren banget dan selalu mengikuti berbagai macam perlombaan untuk mencetak prestasi, salah satunya yakni pada Liga Softball Mahasiswa IISL 2017 menjadi juara 2 loh! Wow! 

 

 

Dan yang terakhir setelah dari berbagai bidang UKM di UPI, kita akan melihat bidang yang terakhir yakni bidang penalaran, yang akan membuat otak kamu para mahasiswa akan lebih tajam dan berpikir kritis dalam isu-isu kampus maupun luar kampus. Salah satunya ada UKM Unit Pers Mahasiswa yang bergulat pada bidang jurnalistik dan memiliki media isolapos.com. Unit Pers Mahasiswa juga memiliki kegiatan rutin di setiap tiga bulannya untuk membahas isu dengan menghadirkan beberapa sumber ternama, yakni diskusi Bincang Isola. Keren banget! Selain itu pada bidang penalaran juga masih banyak lagi UKM dengan landasan organisasi kritis untuk merespon perubahan kondisi sosial yang terjadi baik di dalam kampus maupun di luar kampus, seperti: UKSK (Unit Kegiatan Studi Kemasyarakatan), LEPPIM (Lembaga Penelitian dan Pengkajian Intelektuan Mahasiswa), dan lain-lain.

Nah, beberapa UKM di atas merupakan segelintir kegiatan dari beberapa bidang yang ada di kampus UPI. Dengan banyaknya fakultas yang beragam dan jurusan yang berbeda-beda, pasti memiliki jumlah mahasiswa yang memiliki  minat, bakat, dan potensi yang berbeda-beda pula. Dan dengan mengikuti beberapa UKM tersebut bisa membuat kalian mahasiswa UPI menjadi lebih produktif dan nggak terpaku dengan mahasiwa kupu-kupu (kuliah-pulang-kuliah-pulang). Gak mau kan, empat tahunmu di universitas hanya terbuang sia-sia tanpa berbagai pengalaman?

(Artikel ini ditulis oleh: Rachmi ArinUniversitas Pendidikan Indonesia)


Mau ikutan nulis di blog CICIL? Ikuti caranya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *