Anak kampus pasti udah banyak acara kalo pas puasa gini. Mulai dari bukber plus tarawih bareng keluarga, sahur on the road, ampe acara bukber bareng temen geng yang beda-beda. Kalo ama temen lama (kayak zaman SD, SMP, ama SMA) biar sekalian reunian.

Cuma, saking kepengennya bukber ama semua orang, lama-lama isi dompet melayang. Apalagi kalo acara bukbernya gak jauh-jauh dari kafe atau tempat ngopi. Belum kalo gengnya banyak banget, mulai dari temen SD, SMP, SMA, komunitas, ampe daftarnya mungkin ngalahin jumlah followers di medsos kamu. (Yakin sebanyak itu?) Kalo gak ati-ati, alamat kamu gigit jari dan batal mudik. (Eh, lain cerita kalo tiket udah beli jauh-jauh hari.)

Mo bukber plong tanpa kantong bolong? Gini aja caranya:

1. Ngandelin promo.

Bahkan, tempat makan kelas warung pun juga suka ada yang ngasih promo. Meski mungkin menunya cuma seputar nasi, ayam, sama air putih, yang penting kamu cukup kenyang dan isi dompet masih aman.

2. Patungan.

Ada kok, menu yang bisa dipesan dalam porsi besar dan emang untuk dimakan rame-rame di beberapa resto. Semakin banyak ngajak temen geng, semakin murah bayarnya. Ada juga yang air putihnya gratis, jadi lumayan hemat banget, ‘kan? Tinggal bayar makannya doang.

3. Beli menu “rapelan” (bisa buat buker sekalian sahur).

Gimana kalo udah beli makanan porsi besar, tapi cuma kamu sendiri yang suka? Ya udah, untungnya di kamu. Gak usah langsung diabisin semua pas bukber. Sisanya masih bisa dibawa pulang buat sahur.

4. Gantian masak sendiri.

Mending bukber di rumah temen atau kosan. Terserah sih, mau potluck-an (alias bawa-bawa menu sendiri buat bagi-bagi) atau gantian masak sendiri. Tapi, pastiin juga kamu beneran bisa masak dan gak bikin temen-temen kamu kehilangan selera makan.

5. Setor muka doang.

Yang terakhir ini sih, emang paling pahit, tapi mo gimana lagi? Paling aman emang dateng belakangan, pas semua orang dah kelar makan dan tinggal ngobrol-ngobrol doang. Kalo ada yang nanya udah buka apa belum, bilang aja udah buka di jalan.

6. Jangan nolak tawaran ngabisin punya temen.

Temen kamu ada yang kekenyangan, trus nawarin sisanya ke kamu? Ambil aja. Hitung-hitung random dapet gratisan.

Gak mungkin juga sih, bukber ama temen tiap malem atau tiap weekend. Tapi kalo rasanya ampe kayak gitu, moga-moga tips di atas cukup membantu nyelamatin isi dompet kamu. (Yah, lain cerita kalo isinya lagi bon kembalian melulu.)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *