Kali ini ada Jumari, salah satu student ambassador CICIL, Jumari, yang kuliah di UI jurusan Kriminolgi sesak tahun 2015. Gak cuma di kelas, Jum juga aktif berorganisasi dan berkegiatan sosial. Kalo dirunut bisa panjang, termasuk jadi redaktur pelaksana di FISIPERS, wakil kepala departemen program kreatif di FLAC (Future Leaders for Anti Corruption – di bawah naungan KPK), sampai pernah jadi penulis lepas sebuah website travelling dari Februari ampe Mei lalu. Wuiiih…

Terus, apa lagi kegiatan Jum?

“Sekarang lagi persiapan juga buat berangkat ke Thailand untuk ngikutin Youth Summit akhir Juli ampe Agustus nanti. Oh, ya. Satu lagi, aku sempet (dan mau lagi kalo ada) jadi pengajar sukarela untuk anak-anak dari Kebumen yang mo ikut tes seleksi perguruan tinggi selama kurang lebih satu bulan.”

Banyak juga kegiatan kamu di bulan puasa ini. Ada lagi yang istimewa? Puasa kali ini ada rencana khusus apa?

“Yang istimewa kali ini karena puasa pas bareng UAS. Tapi, untungnya UAS juga baru kelar. Rencana khusus bulan ini harus ngerjain kegiatan fundraising buat persiapan summit dan yang jelas H-7 sebelum Lebaran udah harus segera pulang kampung.”

Waah, lega banget, dong. Oke, terus menurut Jum makna di bulan puasa itu apa?

“Menurutku bulan Ramadan itu adalah bulan pembersihan sekaligus peningkatan iman. Karena di bulan ini, bakal belajar untuk lebih sabar, seperti menahan hawa napsu. Insya Allah harus selalu diisi dengan kegiatan beribadah.”

Ke mana rencana mudik tahun ini?

“Ke kampung halaman di Desa Karang Sari, Banyuasin, Sumatera Selatan.”

Wah, asyik. Ada pesan-pesan khusus buat temen-temen yang juga lagi menjalankan ibadah puasa?

“Selamat menjalankan ibadah puasa dan manfaatkan bulan ini buat kumpul ama keluarga, khususnya yang gak merantau dan dekat dengan keluarga. Karena kalo puasa jauh dari keluarga itu rasanya banyak yang kurang. Selain itu, perbanyak ibadah, baik sedekah, shalat, mengaji, dan menghapal Al-Quran. Insya Allah berkah.”

Terima kasih. Jumari. Nah, itulah salah satu teman kita yang juga seorang student ambassador CICIL. Kalau melihat kesibukannya, Jumari ini mahasiswa aktif yang bisa jadi inspirasi.

Bagaimana dengan kamu? Ingin seperti Jumari? Termasuk mahasiswa aktif, baik di kelas maupun organisasi? Punya bisnis sendiri atau sedang magang? Jika ingin mencari pengalaman bekerja di perusahaan start-up, bergabunglah bersama CICIL. Dapatkan pengalaman kerja yang dapat mendukung portfolio-mu. Ada imbalan menarik juga, lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *