gaya belajar

Tiap orang pasti memiliki metode dan kondisi tersendiri yang bisa membuat kegiatan belajar mereka efektif. Saat belajar, kita pun biasanya mudah terpengaruh oleh perubahan lingkungan sekitar.

Ada faktor eksternal yang nggak kamu sadari bisa mempengaruhi mood dan gaya belajar kamu. Karena itu, penting untuk kamu mengetahui hal-hal eksternal apa aja yang tanpa disadari berpengaruh dalam proses belajar kamu.

Inilah 5 hal yang tanpa disadari telah mempengaruhi gaya belajar kamu:
  1. Penerangan

Idealnya, pencahayaan ruangan itu nggak membuat kamu sulit untuk melihat, baik itu lebih cenderung remang-remang atau terlalu terang/silau. Pencahayaan harus cukup dan disesuaikan dengan jarak pandang, jadi mata kamu nggak mudah lelah, yang bisa membuat konsentrasi hilang saat belajar.

Cobalah gunakan lampu neon yang memancarkan cahaya warna putih untuk mengurangi risiko kelelahan mata. Jangan gunakan lampu pijar yang mengeluarkan cahaya kuning karena akan membuat mata lebih cepat lelah.

  1. Posisi duduk

Postur tubuh yang buruk bisa berpengaruh pada kesehatan. Konsentrasi kamu saat menyerap materi belajar juga bisa terpengaruh karena postur tubuh yang buruk. Posisi nyaman untuk bersantai nggak akan membantu kamu untuk berkonsentrasi.

Posisi yang paling ideal adalah duduk di hadapan meja dengan punggung membentuk sudut 110-130 derajat. Jangan lupa untuk stretching sederhana sesekali, karena duduk dengan posisi yang sama dalam waktu yang lama juga nggak baik untuk kesehatan.

gaya belajar

  1. Suasana ramai

Ada kalanya background noise bisa membantu untuk fokus, tapi ada juga yang malah membuat konsentrasi buyar. Sebenarnya, jenis dan intensitas kebisingan yang kamu dengar memiliki pengaruh yang beda terhadap mood dan tingkat fokus kamu. Bisa dibilang, hal ini tergantung tipe materi yang ingin dipelajari.

Kalau kamu sedang belajar materi yang kompleks seperti hitungan atau hafalan, akan lebih baik kamu belajar di tempat yang tenang seperti perpustakaan. Kalau kamu sedang mempelajari sesuatu yang melibatkan kreativitas seperti prakarya atau studi kasus, suara musik bisa membantu kamu dalam proses belajar.

  1. Suhu ruangan

Temperatur dalam ruangan kelas yang paling ideal adalah 20-24 derajat berdasarkan studi dari sebuah perguruan tinggi di Oregon. Saat temperatur udara berada di atas atau di bawah ideal, mahasiswa bisa merasa gelisah dan kehilangan fokus dalam mengikuti materi.

  1. Makanan

Makanan yang kamu konsumsi sebelum belajar akan berpengaruh pada gaya belajar kamu. Itulah alasan banyak orang yang nggak bisa konsentrasi belajar tanpa diawali dengan mengisi perutnya terlebih dahulu. Yang jelas, makanan sebelum waktu belajar nggak boleh sembarangan, kalau sampai salah makan yang ada malah bermasalah untuk pencernaan. Hindari makanan apapun yang bisa mengganggu pencernaan kamu atau menimbulkan alergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *