kritikan

Terkadang, kritik lebih membantu seseorang untuk menjadi lebih baik daripada mendapat puji-pujian. Memang sih, menghadapi kritikan itu nggak gampang, apalagi kalau kritiknya menyebalkan, nggak konstruktif, dan nggak bermanfaat. Walaupun rasanya pedih dan bikin baper, kamu harus tetap bisa menghadapinya dengan baik.

Kalau kamu dapat kritikan, hadapi aja dengan cara ini:
  1. Tetap netral dan dengarkan

Walau perasaan campur aduk, jangan langsung bereaksi dan tetap tenang saat dapat kritik. Usahakan untuk tetap menetralkan segala emosi dan perasaan yang muncul, karena di saat tenang, kamu bisa menghadapinya dengan baik. Dengarkan juga apa yang disampaikan orang lain dengan baik, supaya kamu lebih paham maksudnya.

  1. Jangan jadikan masalah personal

Kritik memang bisa menyinggung atau menyakiti secara personal. Kalau terlalu terbawa perasaan, bisa-bisa kamu nggak fokus dengan isi kritik, tapi malah dengan orang yang memberikan kritik dan hubungannya dengan kamu. Karena itu, sebisa mungkin jangan jadikan ini masalah pribadi, ya.

kritikan

  1. Minta masukan

Kalau kritik yang kamu dapatkan masih kurang jelas, kamu bisa menanyakan lebih lengkap tentang kekurangannya. Misalnya, apa kekeliruan yang kamu lakukan, apa yang kurang, dan sebagainya. Kalau orang yang memberikan kritik adalah orang yang ahli dalam bidangnya dan kritiknya membangun, kamu bisa sekalian meminta masukan pada orang tersebut.

  1. Lakukan sesuatu

Kalau kritikan yang diberikan belum jelas atau dinilai terlalu subjektif, jadikan masukan. Jangan langsung kamu telan bulat-bulat. Tapi, kalau kritiknya udah jelas dan tepat, kamu bisa langsung memperbaiki diri. Katakan pada orang yang memberikan kritik, kalau kamu akan memperbaikinya dan atau melakukan sesuatu.

  1. Jangan terlalu membela diri

Apakah perlu membela diri saat dikritik? Sebenarnya nggak perlu beralasan ini itu, kecuali kamu ditanya, jadi berikanlah alasan kalau memang diperlukan. Yang jelas, kamu harus mendengar dan memahami kritiknya terlebih dulu. Jangan langsung memotong kritik dengan membela diri dan jangan jadikan alasan sebagai tameng untuk bersikap defensif.

  1. Ucapkan terima kasih

Ada baiknya kamu mengucapkan terima kasih pada orang yang memberi kritik, karena telah mengoreksi kekurangan kamu. Mungkin kamu masih merasa sebal, tapi itulah etika yang baik. Jadikan aja mindset kamu, kalau dengan kritik, kamu bisa memperbaiki diri kamu jadi lebih baik. Jadi, pengkritik pun perlu diapresiasi juga. Selain itu, dengan ucapan terima kasih akan membuat dirimu lebih dihargai, lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *