efek negatif

Yang namanya mie instan pasti digemari oleh banyak orang, apalagi mahasiswa yang suka super hemat dan meminimalisir pengeluaran untuk kebutuhan pangan. Selain murah, mie instan juga salah satu comfort food yang nggak pernah gagal membahagiakan hati yang sedang sedih. Karena itu, banyak yang jadi kecanduan dan jadi mengonsumsi mie instan lebih banyak dari yang disarankan.

Sesuatu yang berlebihan tentu nggak baik, termasuk mie instan, yang kalau dikonsumsi berlebihan menimbulkan efek negatif untuk kesehatan tubuh.

Apa aja sih memang efek negatif dari mie instan? Simak dulu di sini:
  1. Mengandung MSG

MSG adalah zat penguat rasa pada makanan olahan. Terlalu banyak mengonsumsi MSG bisa menyebabkan kenaikan berat badan, meningkatnya tekanan darah, sakit kepala, dan mual.

  1. Rendah protein dan serat

Mie instan adalah makanan olahan yang rendah protein dan serat. Kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan penambahan berat badan.

efek negatif

  1. Mengandung lemak jenuh

Yang namanya makanan olahan biasanya mengandung lemak jenuh. Mie instan juga kaya akan zat artifisial dan minyak yang nggak baik untuk kesehatan tubuhmu.

  1. Menyebabkan sindrom metabolik

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang makan mie instan lebih dari 2 kali dalam seminggu punya risiko yang tinggi untuk terkena sindrom metabolik dibandingkan mereka yang jarang makan mie instan. Gangguan ini bisa menyebabkan penambahan berat badan.

  1. Tinggi garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam akan menimbulkan peningkatan tekanan darah dan adanya risiko penyakit kardiovaskular (penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah).

  1. Mengandung propylene glycol

Zat yang berfungsi untuk membuat mie tetap awet, kering, dan nggak cepat rusak ini berbahaya karena bisa menumpuk di ginjal, jantung, atau liver.

Nah, setelah baca efek negatif yang ditimbulkan mie instan tersebut, yuk segera kurangi atau lepas dari kebiasaan mengonsumsi mie instan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *