mahasiswa kupu-kupu

Pernah dengar istilah mahasiswa kupu-kupu? Buat yang baru jadi mahasiswa, jangan sampai kamu jadi mahasiswa tipe ini. Mahasiswa kupu-kupu adalah istilah untuk mahasiswa yang kerjanya kuliah pulang – kuliah pulang (disingkat kupu-kupu). Artinya, mahasiswa tersebut cuma datang ke kampus untuk kuliah aja, terus langsung pulang setelah kuliah. Begitu terus setiap hari.

Sebenarnya nggak salah sih. Tapi, kalau terus-terusan jadi mahasiswa tipe ini nggak bagus juga. Ada baiknya seorang mahasiswa itu stay dulu di kampus setelah perkuliahan selesai, karena ada banyak pengalaman yang akan didapat.

Karena itu, jangan sampai jadi mahasiswa kupu-kupu kalau nggak mau hal-hal ini terjadi pada kamu:
  1. Kenalan dan teman sedikit

Karena keseringan langsung pulang, kamu jadi nggak berkesempatan untuk mengenal banyak orang. Mungkin kamu kenal dengan teman sekelas, tapi yang lainnya? Seperti senior atau anak jurusan lain? Pasti nggak banyak yang akrab dengan kamu. Jadinya, kamu nggak bisa ikut ngobrol atau nimbrung dengan mereka.

  1. Nggak dapat banyak informasi

Karena cuma kenal sedikit orang di kampus, maka kamu jadi kesulitan mendapat informasi. Atau bahkan nggak dapat sama sekali. Misalnya, informasi tentang perkuliahan yang dibatalkan karena dosennya berhalangan hadir. Karena nggak dapat kabar, kamu tetap datang ke kampus untuk perkuliahan itu. Atau misalnya, informasi tentang beasiswa dan sebagainya. Rugi kan jadinya?

mahasiswa kupu-kupu

  1. Kesulitan dalam mengurus administrasi

Pasti kamu akan sering berhadapan dengan urusan administrasi saat berkuliah. Mulai dari bayar uang kuliah, pengisian KRS, urusan di TU (Tata Usaha), bimbingan ke dosen, sampai administrasi tugas akhir. Hal ini akan sulit kamu lakukan, karena nggak banyak atau bahkan nggak ada orang yang bisa kamu tanya. Tanya ke teman? Segan. Tanya ke TU? Takut salah. Jadinya, kamu akan kesulitan untuk tahu prosedur-prosedur administrasi.

  1. Nggak diikutkan dalam kelompok

Di kehidupan kuliah, yang namanya kelompok itu pasti akan sering kamu temui. Ada kelompok belajar, atau kelompok untuk mengerjakan tugas-tugas dalam suatu mata kuliah. Karena kamu jarang terlihat di kampus, maka kamu jadi sering nggak diikutkan ke dalam kelompok. Kenapa? Karena banyak yang nggak mengenal kamu dan nggak akrab dengan kamu. Biasanya, tentu orang lebih memilih untuk berkelompok dengan teman-teman yang dekat dengan mereka.

Itulah beberapa dampak yang akan terjadi kalau kamu jadi mahasiswa kupu-kupu. Karena itu, hindari menjadi mahasiswa tipe yang satu ini. Sayang banget kan kalau kamu jadi kehilangan banyak kesempatan karenanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *