dana darurat

Dalam hidup itu pasti ada banyak hal-hal nggak terduga yang terjadi. Bisa berupa keberuntungan, atau bisa juga berupa musibah. Nah, yang berupa musibah ini yang biasanya bikin khawatir dan menguras tabungan.

Karena itu, memiliki dana darurat untuk mengantisipasi hal tersebut adalah salah satu hal yang penting. Dengan adanya dana darurat, kejadian nggak terduga seperti sakit, gadget hilang atau rusak, dan hal-hal lainnya bisa ditangani dengan baik.

Berikut ada cara mengumpulkan dana darurat yang mudah nih buat kamu:
  1. Disiplin menyisihkan 10-15 persen

Ada baiknya kamu menyisihkan 10 hingga 15 persen dari uang sakumu per bulan untuk dana darurat. Kalau kamu merasa berat karena banyaknya kebutuhan, kamu bisa menabung mulai dari Rp50.000,- per minggu atau per dua minggu. Saat kondisi finansialmu membaik, kamu bisa meningkatkan tabungan.

  1. Transfer otomatis

Kalau kamu sulit mendisiplinkan diri untuk menabung, kamu bisa coba pasang fitur transfer otomatis di rekening kamu. Fitur ini biasanya terdapat pada produk tabungan rencana atau tabungan berjangka. Sejumlah uang secara otomatis akan pindah dari rekening tabungan ke rekening tabungan rencana sesuai yang kamu mau pada tanggal tertentu.

Kalau kamu rutin transfer per bulan nantinya akan terakumulasi menjadi banyak dalam satu tahun. Pelan-pelan tapi pasti, kamu udah memiliki dana aman.

dana darurat

  1. Potong satu pos pengeluaran

Kamu bisa memotong satu pos pengeluaran kamu. Misalnya, kamu sering nongkrong bersama teman-teman di kafe setiap hari. Kalau kamu mengurangi frekuensi kegiatan nongkrongmu tersebut jadi tiga hari sekali, kamu udah bisa berhemat dan menabung sebagian keuangan kamu.

Kamu juga bisa berhemat dengan mengevaluasi kebiasaan kamu dalam berbelanja kebutuhan bulanan. Misalnya, kalau kamu biasa membeli sabun yang mahal, bulan berikutnya belilah sabun merek biasa yang lebih murah. Nah, selisih harga ini bisa disimpan untuk dana darurat.

  1. Jual barang yang nggak terpakai

Kalau kamu punya barang yang nggak terpakai, jual aja untuk mendapatkan uang tambahan. Kamu bisa memanfaatkan media sosial atau aplikasi jual barang bekas untuk mempromosikan barang tersebut.

Kamu bisa jual apa aja, mulai dari baju, buku, mainan, atau pajangan. Kalau mau cepat laku, pasanglah harga yang wajar dan kamu harus rela ditawar.

  1. Ajak orang lain mengumpulkan dana darurat

Kalau teman atau saudara kamu belum punya dana darurat, ajaklah untuk mengumpulkannya bersama-sama. Dengan begitu, masing-masing bisa saling mengingatkan agar bisa mencapai target bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *